Berita Terkini

Perpustakaan UNS Raih Akreditasi A

By 13 August 2020 No Comments

UNS – Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Proses reakreditasi Perpustakaan UNS tersebut berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada Sabtu (8/8/2020). Perolehan akreditasi ini sangat diperlukan untuk mengetahui sejauh mana Perpustakaan UNS dapat menjaga kualitas layanan sesuai dengan standar yang ada, sekaligus juga untuk mengetahui pengembangan kualitas dan kapasitas layanan yang telah dilakukan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengemukakan bahwa pimpinan UNS memberikan komitmen dan dukungan penuh terhadap upaya pengembangan yang dilakukan oleh Perpustakaan UNS.
“Perpustakaan berperan dan berkontribusi sebagai salah satu komponen pendukung yang ada di perguruan tinggi dalam pemeringkatan perguruan tinggi. Saat ini, UNS mampu menjadi salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia versi 4ICU dan Webometrics,” ungkap Prof. Jamal pada Kamis (13/8/2020).

Prof. Jamal Wiwoho juga berharap agar Perpustakaan UNS bisa mendapatkan akreditasi internasional.
“Semoga Perpustakaan UNS dapat meningkatkan sarana prasarana, mengembangkan koleksi khususnya koleksi sumberdaya elektronik seperti e-book dan e-journal. Selain itu juga dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) perpustakaan melalui Diklat, program sertifikasi, uji kompetensi, serta studi lanjut ke jenjang sarjana, magister dan doktor Ilmu Perpustakaan dan Informasi,” harapnya.

Dalam kegiatan reakreditasi tersebut diasesori oleh Supriyanto, Zurniaty Nasrul, dan Siti Juniarsih, dari LAP PNRI. Setelah melakukan verifikasi bukti fisik dari 6 komponen akreditasi, para asesor juga melakukan peninjauan ruangan, layanan dan sarana prasarana perpustakaan secara daring yang dipandu pustakawan UNS. Seluruh asesor diajak mengikuti library tour secara daring ke semua lantai yang ada di perpustakaan berikut layanan dan fasilitas yang ada di dalamnya. Termasuk juga tour ke beberapa Corner dan Taman Literasi UNS-BNI, serta Ruang Baca Perpustakaan di Kampus Kleco, Pabelan, dan Kebumen.

Kepala Perpustakaan UNS, Burhanudin Harahap, Ph.D., menyampaikan bahwa terdapat penyesuaian akreditasi karena adanya pandemi.
“Sebelumnya penilaian bukti fisik borang akreditasi dan visitasi dilakukan secara langsung, namun sekarang diubah menjadi daring. Dalam mempersiapkan visitasi daring ini kami dibantu oleh Humas UNS dan UPT TIK UNS agar asesor bisa melihat bukti fisik yang ada di Perpustakaan UNS dengan jelas. Tim akreditasi juga menggunakan 20 titik kamera untuk berkeliling seluruh area perpustakaan yang dipandu oleh host,” jelasnya.

Lebih lanjut lagi, Burhanudin menambahkan bahwa para host tersebut memandu para asesor melalui vlog untuk melakukan penilaian terhadap 6 komponen utama yang meliputi aspek koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan, dan komponen penguat.

“Apa yang sudah dicapai oleh Perpustakaan UNS hingga saat ini merupakan upaya komitmen pimpinan bersama seluruh staf perpustakaan, untuk terus belajar, berkreasi dan berinovasi. Selain itu, perpustakaan harus menjadi pendukung kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” imbuhnhya.

Salah seorang asesor, Zurniaty Nasrul menyatakan bahwa konsep vlog dalam akreditasi daring ini sangat membantu asesor untuk melakukan penilaian bukti fisik dan peninjauan lapangan.
“Bagus sekali konsep kunjungan lapangan di Perpustakaan UNS melalui library tour secara virtual sehingga kami seperti diajak keliling perpustakaan secara nyata,” ungkap Zurniaty.

Pada akhir acara, tim asesor menyampaikan hasil skor akhir penilaian akreditasi. Berdasarkan hasil verifikasi bukti fisik, pengamatan data, dan peninjauan kondisi di lapangan secara daring, tim asesor menyampaikan bahwa Perpustakaan UNS mendapatkan predikat unggul dengan nilai A. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply