Search
Close this search box.

Prodi D3 Perpustakaan SV UNS Gelar Pengabdian Masyarakat tentang Direktori Elektronik di Ngargoyoso, Karanganyar

UNS — Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi (Prodi) D3 Perpustakaan Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi dan pelatihan mengenai Peningkatan Kualitas Sumber Informasi Digital Pustakawan dan Guru Sekolah Dasar Melalui Direktori Elektronik di Kecamatan Ngargoyoso”. Kegiatan ini dilaksanakan di Korwilcam Bidang Pendidikan Ngargoyoso dengan menghadirkan guru dan pustakawan Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Sosialisasi dan Pelatihan Penelusuran Informasi Digital di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar dilaksanakan pada Selasa (20/6/2023) dengan tiga materi terkait Perpustakaan.  Materi mengenai Urgensi Keberadaan Perpustakaan Sekolah disampaikan oleh Rahmat Setiawan Saefullah S.S, M.I.Kom. yang merupakan dosen sekaligus Ketua Prodi D3 Perpustakaan SV UNS, materi tentang  Identifikasi Kebutuhan Informasi Materi oleh Siti Nurkamilah S.IP., M.IP. dan materi tentang Proses Penelusuran Informasi disampaikan oleh Katrin Setio Devi, M.Hum. yang keduanya juga sebagai  Dosen Prodi D3 Perpustakaan SV UNS.

Menurut Ketua Pengabdian Research Grup Media, Informasi dan Perpustakaan,   Rr. Iridayanti Kurniasih, S.Hum., M.IP., kegiatan ini bertujuan  untuk meningkatkan kualitas informasi khususnya di perpustakaan SD.

“Kesenjangan perkembangan teknologi dengan kurangnya kualitas informasi ini menjadi alasan kuat diadakannya program Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Hibah Grup Riset (PKM HGR) UNS, dari Research Grup Media, Informasi, dan Perpustakaan. Tim Pengabdian Masyarakat juga menggandeng mitra dari Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Ngargoyoso Karanganyar, yang diketuai Bapak Sugeng S.Pd., M.H.,” tutur Iridayanti.

Kegiatan ini tidak hanya dilakukan satu kali saja melainkan akan dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Dalam kegiatan pengabdian ini tidak hanya dilaksankan dalam satu kali, setelah kegiatan pertama selesai, kegiatan pengabdian ini akan berlanjut pada kegiatan selanjutnya yang mana nanti akan diadakan kembali pada bulan Agustus. Hasil akhir dari kegiatan pengabdian ini adalah produk berupa direktori elektronik,” tegasnya.

Para peserta sosialisasi dan pelatihan bidang Perpustakaan ini selain diberi materi teori juga diajak praktik secara langsung bagaimana menelusuri informasi yang berkualitas dengan menggunakan berbagai macam jenis database seperti google schoolar, portal garuda, website Kemendikbudristek dan lain sebagainya. HUMAS UNS

Skip to content