Berita Terkini

Prodi Sastra Daerah Gelar Lomba Macapat Tingkat Nasional

By 27 March 2019 No Comments

UNS – Program Studi (Prodi) Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar lomba macapat tingkat nasional yang diselenggarakan pada Selasa (26/3/2019). Penyelenggaraan lomba macapat ini  dibagi menjadi dua tempat, yakni di Ruang Seminar Gedung III dan Laboratorium Karawitan Gedung IV FIB.

Dalam lomba macapat tingkat nasional tahun ini, Prodi Sastra Daerah UNS mengangkat tema “Sumbangan Bahasa, Sastra, dan Budaya dalam Membangun Karakter Mahasiswa dan Generasi Muda”. Tema tersebut diangkat sebab dalam perkembangan jaman yang semakin mengarah ke dunia digital diperlukan adanya pembangunan karakter bagi insan muda tanah air, khususnya bagi kalangan mahasiswa, melalui kebudayaan tradisional Indonesia, terutama budaya Jawa.

Sebanyak 46 peserta lomba dari berbagai perguruan tinggi tanah air bersaing dalam memperebutkan juara lomba macapat tingkat nasional kali ini. Perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, serta STKIP PGRI Ponorogo.

Afik Putra, salah satu mahasiswa asal Prodi Sastra Daerah UNS berharap bahwa dengan lomba macapat ini para generasi muda seharusnya lebih memahami budaya tradisional, khususnya budaya Jawa.

“Dengan ini seharusnya generasi muda lebih tahu budaya yang kita punya. Masa kita sebagai generasi muda tidak tahu apa itu macapat. Padahal hal itu sangat penting sebab itu adalah warisan leluhur bangsa kita. Bila kita tidak melestarikan warisan leluhur sama saja kita menginjak-injak negara kita sendiri,” ujar Afik.

Salah seorang peserta asal STKIP PGRI Ponorogo, Arin Dwi Handayani menuturkan bahwa dalam lomba macapat ini ia mengalami kesulitan dalam penampilannya. Sebab, selama tampil ia tidak diiringi oleh alat musik gamelan. Namun, ia mampu membawakan tembang Dhandanggula serta tembang Sinom laras pelog meski hanya sempat berlatih sebanyak 3 kali saja. HUMAS UNS/YEFTA

Leave a Reply