Berita Terkini

Rektor UNS Lepas 3.331 Mahasiswa KKN

By 9 July 2019 No Comments

UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengelar pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Intergratif periode Juli-Agustus 2019. Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho dengan didampingi Ketua LPPM UNS Prof Widodo Muktiyo melepas mahasiswa KKN di halaman Gedung Pusat dr Prakosa, Selasa (9/7/2019).

Dalam sambutanya Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho mengatakan, melalui KKN ini UNSmengemban sebuah amanah, tidak hanya amanah Tridharma Perguruan Tinggi tapi juga amanah meningkatkan kesejahteraan bangsa.

UNS harus menjadi bagian dari solusi, solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat desa. Untuk itu, UNS harus tuntas dalam membuat program di suatu lokasi KKN dan tidak akan pindah ke lokasi KKN lain sebelum masalah yang ada sanggup dirasakan solusi dan manfaatnya oleh masyarakat. Untuk itu, Prof Jamal berharap agar setiap kali penerjunan mahasiswa KKN selalu berdasarkan pada sebuah roadmap program yang menyatu dengan Rencana Strategis (Renstra) pengembangan desa lokasi KKN.

“Saya ingin menegaskan bahwa KKN adalah re-kreasi. Saya ulang KKN adalah re-kreasi.Re-kreasi bukan piknik atau bertamasya, tapi KKN adalah kegiatan membuat kreasi-kreasibaru yang secara kontinu, berkelanjutan, terukur dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat desa dan oleh UNS sendiri, dan KKN adalah kawah candradimuka buat mahasiswa untuk memahami kehidupan masyarakat di 20 Kabupaten di Luar Pulau Jawa,” terang prof Jamal.

Kemudian terkait dengan adanya status Kejadian Luar Biasa (KLB) hepatitis A di Pacitan, Prof Jamal menegaskan bahwa lokasi KKN yang berada di Kabupaten Pacitan aman. “Kami sudah memperoleh keterangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan bahwa di Pacitan ada KLB hepatitis A, namun dari Dinas Kesehatan Pacitan sudah memberikan rekomendasi kalau daerah yang digunakan untuk KKN UNS aman karena lokasinya sangat jauh dengan lokasi yang ditetapkan sebagai KLB,” ujar Prof Jamal.

 Dalam laporanya, Ketua LPPM UNS, Prof Widodo Muktiyo mengatakan Pada periode XI ini jumlah mahasiswa yang mengikuti KKN sebanyak 3.331 mahasiswa dan 158 Dosen Pembimbing Lapangan, tersebar ke dalam 20 Kabupaten di Jawa Tengah, 9 Kabupaten diJawa Timur, 4 kabupaten di Jawa Barat, 2 Kabupaten di Daerah lstimewa Yogyakarta dan 20 Kabupaten di Luar Pulau lawa. Total lokasi 317 Desa, 91 Kecamatan, 55 Kabupaten dan 16 Provinsi. Adapun jumlah mahasiswa Peserta KKN Periode Juli -Agustus 2019 dari FKIP1.423 mahasiswa, FIB 121 mahasiswa, FSRD 126 mahasiswa, FISIP 74 mahasiswa, Fakultas Hukum 432 mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 307 mahasiswa, Fakultas Kedokteran 233 mahasiswa, Fakultas Pertanian 295 mahasiswa, Fakultas Teknik 79 mahasiswa dan FMIPA 241 mahasiswa. Humas UNS/ Kaffa

Leave a Reply