Berita Terkini

PRODI S2 ILMU KOMUNIKASI UNS- JAPELIDI KOLABORASI RISET LITERASI DIGITAL

By 8 July 2019 No Comments

UNS— Program Studi (Prodi) S2 Ilmu Komunikasi bekerjasama dengan Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) menggelar workshop Riset Literasi Digital di Royal Heritage Surakarta 6-7 Juli 2019. Dalam workshop tersebut dibahas persiapan instrumen serta tata kelola riset literasi digital secara nasional. Kepala Prodi S2 Ilmu Komunikasi UNS, Dr Andre Rahmanto mengatakan bahwa kegiatan workshop diikuti oleh 41 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Kita kolaborasi dengan perwakilan Japelidi di berbagai kota yang akan terlibat riset. Targetnya akan ada data pemetaan bagaimana tingkat literasi digital masyarakat Indonesia,” ujar Andre. 

Andre menambahkan data riset ini sangat dibutuhkan saat ini, tidak saja bagi kepentingan akademik tapi juga pengambil kebijakan, sehingga potensi merusak dari digitalisasi yang terjadi saat ini dapat diantisipasi. Luaran riset ini juga akan sangat beragam mulai dari artikel jurnal, monograf, buku, prosiding konferensi dan sebagainya.

Sedangkan koordinator Japelidi, Novi Kurnia menjelaskan Japelidi merupakan komunitas yang mulai terbentuk pada 26 Januari 2017 dengan program awal melakukan riset peta gerakan literasi digital di Indonesia yang kemudian dilanjutkan dengan berbagai kegiatan lain seperti konferensi, workshop serta penulisan buku. Anggota Japelidi sebagian besar terdiri dari akademisi, peneliti, aktivis literasi digital yang bekerja secara sukarela. Saat ini anggotanya lebih dari 40-an Perguruan tinggi di Indonesia. Japelidi juga telah melaunching beberapa buku panduan literasi digital dalam berbagai topik yang dapat diunduh di laman http://literasidigital.id.

Terkait riset kolaborasi, Novi menargetkan sudah bisa diketahui publik pada saat konferensi literasi digital di UIN Yogyakarta tanggal 5-6 September 2019 mendatang.  Di acara tersebut, akan dilaunching buku seri literasi digital Japelidi tahap kedua. Humas UNS/ Dwi

Leave a Reply