UNS — UPT Kerjasama dan Layanan Internasional Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Study Abroad info session pertama yang diselenggarakan secara daring pada Senin (22/2/2021). Kali ini International Office UNS bekerja sama dengan Indonesia-Britain Education Center (IBEC) menyelenggarakan Study Abroad info session dengan judul “Study in the University of Sheffield”.

Dalam sambutannya, Kepala UPT Kerjasama dan Layanan Internasional UNS, Rino Ardhian Nugroho S.Sos., M.T.I., Ph.D. mengatakan, Study Abroad info session merupakan kegiatan rutin dari UPT Kerjasama dan Layanan Internasional UNS yang ditujukan untuk sivitas akademika UNS. Dalam setiap penyelenggaraannya, Study Abroad info session diorganisir oleh UNS GLAD (Global Ambassador) yang bekerja sama dengan lembaga-lembaga penyedia beasiswa, education center, dan universitas mitra UNS dari luar negeri.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa acara ini diharapkan bisa memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melakukan studi lanjut ke luar negeri. “Saya mengajak mahasiswa untuk bisa keluar dari zona nyaman dan menjadi bagian dari komunitas global. UNS memiliki peluang terbuka untuk bekerja sama dengan universitas-universitas di Inggris Raya,” terang Rino.

Dalam acara ini, hadir sebagai narasumber Ms. Dalila Tasron (Recruitment Officer South East Asia Office) dan Ms. Jessica Bream (the Global Engagement Team The University of Sheffield UK). Ms. Jessica Bream dari the Global Engagement team The University of Sheffield UK mempresentasikan studying in the University yang berisi tentang Campus Overview, Teaching and Learning Style, Subjects of study, Entry Requirement, Application Process, Accommodation, Fees and Scholarship, dan Covid-19 Update.

Acara menjadi lebih hangat dengan banyaknya pertanyaan dari para peserta. Peserta yang hadir dengan total jumlah 290 orang semakin antusias dengan informasi yang disampaikan oleh Ms. Dalila Tasron (Recruitment Officer South East Asia Office). Ms Dalila menjawab semua pertanyaan yang disampaikan oleh peserta yang hadir. Seorang peserta bernama Mika Esti Rahayu dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS menyampaikan bahwa hadirnya webinar ini sangat bermanfaat untuknya. “Webinar ini mampu memberikan informasi internasional yang saya butuhkan selama ini,” terang Mika.

Peserta lain bernama Raja Ibrahim dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS mengungkapkan jika acara seperti ini perlu diperbanyak lagi karena banyak memberikan informasi berupa peluang studi lanjut ke luar negeri untuk mahasiswa UNS. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti