Teknik Industri Adakan Workshop Certification Online bagi Industri Kecil Menengah

UNS – Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (FT UNS) Surakarta menggelar workshop Certification Online (CEROL) bagi para pelaku industri kecil menengah (IKM) yang berada di kecamatan Jebres,  Rabu (11/10/2017).

Teknik Industri Gelar workshop Certification Online bagi Para Pelaku IKM

Bertempat di kantor kelurahan Jagalan, kecamatan Jebres, acara ini bertujuan untuk membantu para pengusaha IKM memahami cara mendaftarkan status halal MUI melalui CEROL.

Kegiatan ini dilatarbelakaingi oleh hasil survey yang telah dilakukan oleh tim Teknik Industri UNS bahwa terdapat 3 kelompok IKM: IKM yanh sudah memiliki P IRT tetapi belum memiliki kesadaran dan rencana mengurus izin halal; IKM yang sudah memiliki P IRT dan memiliki keinginan yang kuat untuk mendapatkan sertifikat halal, namun masih memiliki kendala manajemen; dan IKM yang telah memiliki sertifikat halal.

Hadir sebagai pembicara yaitu Eko Liquiddanu, yang merupakan seorang dosen di Teknik Industri UNS. Ia menyatakan bahwa jaminan halal merupakan hal yang wajib karena sudah ditetapkan pada Undang-undang nomor 33 tahun 2014.

“Undang-Undang No. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Halal dinyatakan bahwa sifatnya adalah wajib (mandatory) dalam 5 tahun, terhitung sejak diundangkan, hal ini yang mendorong kami membantu para IKM ini”, ungkap Eko.

Kegiatan yang dihadiri oleh pelaku IKM khas Jagalan seperti abon, dendeng, dan rambak ini diharapkan dapat membantu mereka menjalankan sistem jaminan halal dan bersedia mengajukan sertifikasi halal MUI

Dengan begitu ada perlindungan bagi konsumen, dan dampak positifnya dapat meningkatkan omzet IKM. humas-red.uns/Ref/Eln

By | 2017-10-17T11:42:25+00:00 17 October 2017|Categories: Berita Terkini|