Berita Terkini

Tetap Aktif di Masa Pandemi, IQ UNS Gelar MTQ Daring

By 25 October 2020 No Comments

UNS – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ilmu Quran (IQ) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menyelenggarakan rangkaian acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) UNS 2020. Acara ini terdiri dari beberapa perlombaan yang diikuti oleh mahasiswa dan pelajar dari seluruh Indonesia yang ditutup dengan kegiatan tabligh akbar.

Ada pun, kategori lomba untuk pelajar berupa MTQ, syarhil Quran dan kaligrafi Quran. Sementara, untuk kategori mahasiswa, terdapat berbagai macam lomba yakni musabaqah tilawatil Quran, hifdzil Quran, dan karya tulis ilmiah Quran. Perlombaan ini diselenggarakan selama 3 hari yaitu pada Sabtu – Minggu (10 – 11/10/2020), dan Sabtu (17/10/2020) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan langsung melalui akun YouTube UKM Ilmu Quran UNS.

Perlombaan ini diikuti oleh 383 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dengan persebaran peserta beberapa pulau yaitu Pulau Sumatera, Sulawesi, Jawa, Kalimantan, dan Nusa Tenggara. Acara ditutup pada tanggal Minggu (18/10/2020) dengan agenda pengumuman juara lomba pada semua cabang yang digabungkan dengan tabligh akbar yang mengangkat tema “Mendekat dengan Quran, Memperbaiki Peradaban.” Tabligh akbar ini, menghadirkan Syaikh Khanova Maulana, Lc selaku Qori dan K.H Muhlisin Dawam sebagai pembicara. Usai tabligh akbar dilaksankaan, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba.

Saat dihubungi tim uns.ac.id beberapa saat yang lalu, Faris Alrosyid selaku ketua acara MTQ UNS, mengaku tahun ini mendapatkan banyak pengalaman baru.
“Banyak sekali pengalaman baru di kepanitiaan MTQ UNS tahun ini. Dengan sistem perlombaan yang online, untuk pertama kalinya musabaqoh diadakan secara daring dari perencanaan persiapan dan eksekusi kegiatan di hari H nya dan dari koordinasi secara 2 arah online dan offline. Teman-teman panitia juga merasakan hal yang sama dari pengalaman baru ini dari bagaimana mengkonsep, perundingan yang alot, perubahan ide setiap harinya, penyesuaian konsepan dengan keadaan,” terang Faris.

Salah satu panitia, Riska Fatmawati awalnya merasa ragu apakah MTQ UNS tetap dilaksanakan atau tidak. Namun, pada akhirnya acara MTQ UNS tahun ini berjalan dengan lancar.
“Semula sempat ragu apakah akan diadakan atau nggak, qodarulloh Allah izinkan untuk tetap diadakan. Selama keberjalananya, dari mulai persiapan, kami koordinasikan melalui online via Google Meet ataupun chat WhatsApp, pada waktu hari H yang biasanya pesertanya datang ketempat tahun ini hanya bisa melihat lewat layar. Tapi, Alhamdulillah semua berjalan lancar,” ungkap Riska. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply