Desa Karanglo Tawangmangu Jadi Tujuan “UNS Goes to Village” 2016

Kegiatan UNS Cultural Course yang diikuti mahasiswa internasional. Foto: io.uns.ac.id.
Kegiatan UNS Cultural Course yang diikuti mahasiswa internasional. Foto: io.uns.ac.id.

Internasional Office Universitas Sebelas Maret (IO UNS) kembali menyelenggarakan kegiatan “UNS Goes to Village” pada tanggal 11 sampai dengan 13 November 2016. UNS Goes to Village tahun ini merupakan kali keempat kegiataan yang diselenggarakan IO UNS dan menjadi agenda rutin tahunan yang ditujukan khususnya bagi mahasiswa berkewarganegaraan asing yang sedang menempuh studi di UNS.

Desa Karanglo, Tawangmangu, Karanganyar menjadi tujuan 30 orang mahasiswa dari 14 negara untuk tinggal selama tiga hari dua malam di rumah penduduk lokal. Selama tinggal di sana, mereka akan berbaur dan dilibatkan langsung dalam kegiatan sehari-hari masyarakat setempat.

Kegiatan “UNS Goes to Village” menjadi  salah satu bentuk layanan orientasi budaya yang diberikan kepada mahasiswa berkewarganegaraan asing. Melalui UNS Goes to Village, mahasiswa tersebut diharapkan dapat mengenal secara langsung dan memahami budaya serta kebiasaan masyarakat Indonesia, khususnya Jawa. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi mereka untuk mempraktikkan keterampilan berbahasa Indonesia yang telah mereka pelajari selama kurang lebih 2 bulan di UNS.

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat yang positif bagi mahasiswa internasional UNS tetapi juga bagi desa tujuan. Dengan adanya “UNS Goes to Village” 2016 ini, penduduk setempat mendapatkan kesempatan belajar tentang wawasan keberagaman dan wawasan internasional melalui interaksi dengan mahasiswa dari berbagai negara serta budaya yang berbeda, sekaligus dapat mempromosikan potensi desanya.[](red.uns.ac.id)

Skip to content