UNS Hadir di QS-APPLE 2018 untuk Berpromosi dan Berkolaborasi

UNS – Musim gugur belum tuntas benar di Seoul, Korea Selatan. Daun yang menguning dan memerah di pohon-pohon kampus Chung-Ang University menyambut sekitar 600 delegasi dari 54 universitas dan 41 negara yang menghadiri QS-APPLE Conference & Exhibition 2018, 20-23 November 2018.

QS Asia-Pacific Professional Leaders in Education (QS-APPLE) adalah konferensi dan pameran pendidikan tinggi internasional Asia-Pasifik yang tertua. Sebuah kegiatan yang bertujuan memberikan platform untuk berbagi pengetahuan dan jaringan profesional dalam membantu pemimpin pendidikan tinggi dari kawasan Asia-Pasifik dan sekitarnya untuk memahami perubahan yang terjadi di sektor ini. Diharapkan pemimpin pendidikan tinggi tersebut dapat berkontribusi untuk pengembangan lebih lanjut dari institusi mereka.

Banyak tema menarik dalam hal pengembangan perguruan tinggi dibahas dalam forum ini. Tema tersebut diantaranya: Internationalizing the student bodypromoting the global employability of graduatesinternationalizing the facultyenhancing the global impact and reputation of research, dan building a global university brand.

Dalam opening plenary sessiondi hari pertama, Prof. Subra Suresh, President Nanyang Technology University, Singapura menyampaikan tentang pentingnya Humanity 4.0 di saat banyak pihak mempersiapkan diri untuk  revolusi Industry 4.0. Dalam Presentasinya yang berjudul Opportunities & Challenges for Global Universities, Prof. Suresh menekankan pada pembangunan karakteristik manusia dan keberlanjutan lingkungan bumi yang kita tinggali di tengah-tengah disrupsi teknologi. Diharapkan perguruan tinggi memainkan peran dalam mengajarkan compassiondignityempathyethicskindnessloverespectdalam menghasilkan inovasi-inovasi teknologinya.

Sejalan dengan isu tersebut, Universitas Sebelas Maret (UNS) hadir di QS-APPLE 2018 dengan membawa inovasinya tentang pewarna alami untuk industri konveksi yang zero-wastedan ramah lingkungan. Bersama top 11 perguruan tinggi cluster one Indonesia lainnya, UNS mengisi booth Pavilion Indonesia.

Suhu dingin di luar Centennial Building Chung-Ang University yang menyentuh -2 derajat celcius di hari kedua penyelenggaraan acara QS-APPLE 2018, tidak menyurutkan semangat delegasi konferensi dan pameran QS-APPLE 2018 untuk mempromosikan diri dan aktif menjalin komunikasi dalam mencari calon mitra potensial. UNS berkesempatan melakukan pembicaraan rintisan kerja sama dan bersepakat dengan Youngsan University (WISEU) dan Chung-Ang University Korea Selatan untuk berkolaborasi dalam student mobility dan non academic staff mobility program. Program ini diharapkan bisa terealisasi di tahun 2019.

Akhirnya kegiatan ini adalah forum yang sangat strategis bagi peserta untuk terlibat dan berkolaborasi dengan perwakilan internasional dan membangun kemitraan antar universitas. Salju pertama yang turun di Kota Seoul mengiringi kepulangan delegasi QS-APPLE 2018 ke negara masing-masing. Ingatan tentang Fashionable Seoulyang menjadi kampanye branding kota Seoul di tahun 2018 ini akan membantu para delegasi mengingat realisasi janji kerja sama yang telah disepakati saat penyelenggaraan acara. Berkolaborasi bukan berkompetisi menjadi semangat bersama untuk membentuk dunia yang lebih baik. Sampai jumpa di QS-APPLE 2019. Yudi Sastroredjo

By | 2018-11-28T08:53:27+00:00 28 November 2018|Categories: Berita Terkini|