UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyiapkan empat jalur untuk Seleksi Mandiri (SM) UNS. Empat jalur tersebut yaitu Seleksi Mandiri Jalur Ujian Tulis (SMJU), Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP), Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD) dan Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK). Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan, SM UNS dilaksanakan dengan prinsip adil, akuntabel, fleksibel, dan efisien. Seluruh proses dan mekanisme SM UNS dilaksanakan secara daring dengan maksud membatasi mobilitas semua pihak yang terlibat guna mencegah penularan Covid-19 baik di antara peserta, panitia pelaksana, maupun masyarakat luas.

“Informasi lengkap tentang tata cara dan persyaratan pendaftaran SM UNS dapat dilihat di laman spmb.uns.ac.id,” terang Prof. Jamal, Sabtu (25/7/2020).

Untuk Jalur Ujian Tulis, calon mahasiswa diberi dua pilihan, yaitu menggunakan nilai UTBK dari LTMPT atau mengikuti Ujian Tulis UNS berbasis komputer. Materi Ujian Tulis UNS terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS). Dalam pelaksanaannya, Ujian Tulis UNS menggunakan sistem daring sehingga dapat diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia dan dilakukan di tempatnya masing-masing. Guna menjamin kredibilitas ujian daring tersebut, Ujian Tulis UNS akan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan pengawasan dilakukan secara langsung oleh petugas dibantu dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Kemudian untuk biaya pendidikan, pada prinsipnya, setiap calon mahasiswa yang telah dinyatakan diterima melalui jalur SM UNS akan menanggung dua jenis biaya pendidikan, yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

UKT akan digunakan untuk mendukung kegiatan-kegiatan akademik rutin. Besaran UKT ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua calon mahasiswa. Sementara SPI akan dimanfaatkan untuk mendukung berbagai kegiatan peningkatan mutu dan pengembangan institusional di UNS. Beberapa contoh kegiatan yang didukung dengan dana SPI adalah program internasionalisasi, pertukaran mahasiswa ke luar negeri, beasiswa bagi lulusan S1 berprestasi untuk melanjutkan studi di UNS serta pembaharuan peralatan laboratorium. Calon mahasiswa dapat memilih besaran SPI sesuai dengan kesanggupan masing-masing.

Prof. Jamal menambahkan, UNS memberikan kesempatan pengajuan keringanan UKT dan SPI, baik berupa pengurangan maupun pembebasan biaya. Kebijakan keringanan UKT dan SPI tersebut ditujukan bagi tiga kelompok. Pertama yaitu calon mahasiswa pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah). Calon mahasiswa pemegang KIP-Kuliah yang telah dinyatakan diterima akan dibebaskan dari biaya UKT dan SPI. Dalam setiap penerimaan mahasiswa baru, UNS selalu memastikan bahwa jumlah calon mahasiswa pemegang KIP-Kuliah yang diterima adalah minimal 20% dari total kuota mahasiswa.

Kedua, mahasiswa non-KIP Kuliah yang mengalami kesulitan ekonomi. Terhitung sejak tanggal 2 Juni 2020, Rektor UNS telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan keringanan UKT bagi mahasiswa UNS yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19 sesuai Peraturan Rektor No. 18 Tahun 2020. Kebijakan ini secara khusus menyasar mahasiswa UNS yang tidak memiliki kartu KIP, karena sebelum pandemi, kondisi ekonomi keluarganya terhitung mampu atau bahkan di atas rata-rata.

Untuk memastikan kebijakan ini tepat sasaran, maka setelah dinyatakan diterima, calon mahasiswa dapat mengajukan keringanan UKT dan SPI sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang telah ditetapkan dalam Peraturan Rektor No. 18 Tahun 2020.

Dan ketiga, mahasiswa berprestasi. UNS memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa berprestasi untuk mengajukan keringanan UKT dan SPI. Beberapa contoh prestasi yang dapat dipertimbangkan untuk memperoleh keringanan SPI dan UKT adalah juara pertama di sebuah kompetisi bereputasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

“UNS menyelenggarakan SM dengan tujuan memperluas akses pendidikan tinggi bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Melalui SM, UNS ingin menjaring para calon mahasiswa yang memiliki potensi tinggi, berprestasi, dan para penyandang disabilitas. UNS juga mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk memastikan calon mahasiswa yang diterima melalui SM UNS dapat mengikuti kegiatan perkuliahan dengan baik, termasuk mereka yang mengalami kesulitan ekonomi,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

10
Tags :

Unit Kemahasiswaan FKIP UNS Gelar Lokakarya Kewirausahaan

UNS --- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dosen FKIP UNS Dampingi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM untuk Guru IPA Kabupaten Karanganyar

UNS --- Dosen Program Studi (Prodi) S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan...

Cerita Qanita, Mahasiswi FP UNS yang Memilih Terjun Dunia Balap Rally

UNS --- Dunia balap, biasanya identik dengan laki-laki. Namun, siapa sangka bahwa Mahasiswi...

Membanggakan! Mahasiswi UNS Torehkan Prestasi pada Ajang Balap Rally

UNS --- Prestasi membanggakan dalam ajang balap rally berhasil ditorehkan oleh mahasiswi...

Seminar Nasional Prodi S-3 PBI FKIP UNS Bahas Pembelajaran Bahasa Pascapandemi

UNS --- Program Studi (Prodi) doktoral (S-3) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Keguruan...

UNS Raih 2 Penghargaan IKU dari Kemendikbudristek

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih dua penghargaan sekaligus dari...

Kuliah Pakar Prodi Magister dan Doktor PPPM UNS Hadirkan Pemateri dari IBA Karachi, Pakistan

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister dan Doktor Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat...

Teknik Sipil UNS Raih Akreditasi Unggul oleh LAM Teknik

UNS --- Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

DWP UNS Gelar Khitanan Massal Diikuti 110 Peserta

UNS --- Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta,...

Peresmian Renovasi Gedung TK Widya Putra DWP UNS Dibarengi Pelepasan Peserta Didik

UNS --- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...