UPT Kerjasama dan Layanan Internasional UNS Gelar Sosialisasi Pendaftaran Program IISMA 2022

UPT Kerjasama dan Layanan Internasional UNS Gelar Sosialisasi Pendaftaran Program IISMA 2022

UNS — UPT Kerjasama dan Layanan Internasional Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar sosialisasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) secara daring, Senin (7/2/2022). Kegiatan tersebut menghadirkan Ketua Sub Pokja IISMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) 2022, Dr. Eng. Rachmat A Sriwijaya.

Dr. Eng. Rachmat IISMA mengatakan, IISMA merupakan program beasiswa Pemerintah Indonesia bagi mahasiswa S1 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Melalui program  IISMA, mahasiswa dapat belajar selama 1 semester di universitas terkemuka di luar negeri. IISMA adalah salah satu gerbang bagi mahasiswa jenjang sarjana untuk bisa meraih mimpi berkuliah di luar negeri. Program IISMA dikelola oleh Ditjen Dikti Kemendikbudristek.

Kegiatan sosialisasi dibuka dengan sambutan oleh Direktur Kerjasama, Pengembangan dan Internasionalisasi UNS, Prof. Irwan Trinugroho. “Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran komprehensif bagi teman-teman mahasiswa terkait program IISMA. Bapak Rektor juga berharap tahun ini UNS dapat mengirimkan 3 kali lipat mahasiswa yang lolos untuk mengikuti program IISMA,” ungkap Irwan.

UPT Kerjasama dan Layanan Internasional UNS Gelar Sosialisasi Pendaftaran Program IISMA 2022

Selanjutnya memasuki acara inti yakni sosialisasi IISMA yang disampaikan oleh Dr. Eng. Rachmat A Sriwijaya. Dr. Eng. Rachmat menyampaikan bahwa mahasiswa diperbolehkan memilih jurusan apapun meskipun berbanding terbalik dengan jurusan di perguruan tinggi asal. Tujuan IISMA untuk menambah pengetahuan dan melengkapi program studi asalnya. Semua mahasiswa memiliki hak yang sama sepanjang memiliki kemampuan dan persyaratan yang cukup. Maka, tidak boleh dibedakan dari segi poin penilaian bagi mahasiswa yang melamar tidak linier dengan jurusan yang ditempuh saat ini.

UPT Kerjasama dan Layanan Internasional UNS Gelar Sosialisasi Pendaftaran Program IISMA 2022

“Mahasiswa yang dicari untuk mengikuti IISMA yakni yang mampu berinteraksi dengan pihak lain, memiliki kepribadian terbuka, mampu berkolaborasi, serta mau berkontribusi untuk bangsa ini,” lanjut Dr. Rachmat.

Sesi kedua dilanjutkan sosialisasi mengenai mekanisme pendaftaran pendampingan IISMA di UNS yang dipaparkan oleh Student Advisor IISMA UNS, Dr. Anif Jamaluddin. Adapun tahapan pra seleksi di UNS akan berlangsung mulai 7 hingga 28 Februari 2022.

Sementara itu, Chief Operation Officer IISMA UNS, Dr. Dimas Rahadian Aji Muhammad menambahkan, mahasiswa UNS yang tertarik untuk mengikuti program IISMA dapat memantau melalui akun Instagram @internationalofficeuns. “Harapannya melalui program IISMA 2022, UNS dapat mengirimkan sebanyak-banyaknya dengan kualitas sebaik-baiknya,” pungkas Dr. Dimas. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content