UNS — Alumni Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS menggelar wedangan dengan tema “Peran UNS dalam Pengembangan Baterai Lithium untuk Penyimpanan Energi dan Kendaraan Listrik” secara daring melalui Zoom Cloud Meeting dan disiarkan secara livestream di kanal Youtube resmi UNS. Wedangan kali ini merupakan penyelenggaraan yang ke-47 pada Rabu (3/3/2021).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho. Dalam pembukaanya, Prof. Jamal menyampaikan jika prestasi Pusat Unggulan Iptek (PUI) Baterai Lithium UNS ini telah masuk kedalam klaster PUI yang ada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

“Cukup banyak pencapaian dari PUI Baterai Lithium. Setidak-tidaknya sekarang PUI ini masuk klaster PUI yang ada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” terang Prof. Jamal.

Wedangan kali ini menghadirkan tiga narasumber, diantaranya Prof. Dr. Eng. Agus Purwanto sebagai Ketua PUI TPEL Baterai Lithium, Prof. Muhammad Nizam, Ph.D sebagai Sekretaris PUI TPEL Baterai Lithium, dan Prof. Dr. Wahyudi Sutopo sebagai Kadiv PUI TPEL Baterai Lithium. Dalam keberjalanannya, wedangan ini dimoderatori oleh Anif Jamalludin, Ph.D yang merupakan seorang peneliti Baterai Lithium UNS.

Prof. Agus Purwanto mengatakan, PUI Baterai Lithium UNS hadir karena dilatarbelakangi teknologi otomotif yang mulai beralih dari energi fosil menuju energi listrik. Hal ini dikarenakan adanya potensi energi fosil yang akan habis. Baterai Lithium disebut sebagai komponen kunci kendaraan listrik dan sistem energi terbarukan.

“Fenomena ini, kami yang ditugasi untuk penelitian tentang kendaraan listrik dimana yang waktu itu diketuai oleh Prof. Nizam, kami melihat kalau Baterai Lithium ini salah satu komponen kunci kendaraan listrik,” tutur Prof. Agus Purwanto dalam penyampaian latarbelakang awal pembentukkan PUI Baterai Lithium UNS.

Materi kedua dipaparkan oleh Prof. Nizam mengenai perkembangan riset baterai dan implementasinya di UNS. Setelah muncul Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan diproyeksikan dapat memunculkan bisnis baru berupa bisnis konversi kendaraan listrik.

“Konversi kendaraan ini wujudnya bisa sepeda untuk dikonversi menjadi sepeda listrik atau sepeda motor yang tadinya sudah lama bisa juga dikonversi menjadi kendaraan listrik yang nanti lajunya kencang juga,” jelas Prof. Nizam.

Dalam pengembangan baterai untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), konsepnya adalah bagaimana tahun 2024 teknologi produksi sel, baik itu untuk stationary, kendaraan listrik, dan juga fast charging handal dapat diproduksi dari dalam negeri. Hal ini dijelaskan karena industri kendaraan yang bersifat konvensional akan beralih menjadi industri kendaraan listrik.

PUI Baterai Lithium UNS juga dalam waktu dekat akan melakukan riset pengembangan modul dan pack untuk mendukung sistem kendaraan listrik dan penyimpanan energi berbasis Baterai Lithium. Produk yang dihasilkan atas riset yang telah dilakukan PUI Baterai UNS antara lain ada sepeda lsitrik hasil konversi, motor listrik konversi, dan e-trike, dan pengembangan mobil listrik.

Tantangan besar bagi PUI Baterai Lithium UNS dalam produksinya karena masih harus mengimpor komponen yang menjadi bahan bakunya. Namun, hal ini tidak mengendurkan semangat dalam mengembangkan komponen bahan baku sendiri.

Alhamdulillah, mulai 2018, kami di PUI juga sudah melakukan studi pembuatan katoda,” jelas Prof. Wahyudi Sutopo.

Dalam upaya penguatan industri Baterai Lithium ini, PUI Baterai Lithium UNS melakukan konsultasi teknologi dengan perusahaan besar, melakukan koinkubasi prototipe, prototiping, melakukan komersialisasi. Pengolahan limbah PUI Baterai Lithium pun sudah dipersiapkan dengan baik dengan sistem recycle guna dapat memperoleh kembali bahan aktif yang bisa digunakan kembali.

“Limbah baterai secara konseptual bisa di recycle. Nanti limbah baterai itu dikumpulkan pada sebuah perusahaan recycling yang bisa memisahkan material di katoda dan anodanya, sehingga kita ambil material aktif yang berguna untuk digunakan lagi menjadi bahan baku pembuatan material aktif. Jadi kontinuitas dari penggunaan material bisa dilakukan tanpa mengorbankan lingkungan,” imbuhnya.

UNS yang sekarang telah menjadi PTNBH turut membuka peluang bagi PUI Baterai Lithium untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan luar. Hal ini yang akan mampu menghidupkan start-up turunan yang dimiliki PUI Baterai Lithium UNS. Melalui dukungan pimpinan UNS juga PUI Baterai Lithium UNS, mampu meningkatkan pesanan sepeda listrik yang telah meningkatkan pengembangan start-up. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Dubes RI untuk Panama Buka Guest Lecturer Series Prodi Arsitektur FT UNS

UNS --- Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Republik Indonesia (RI) untuk...

Inilah Perasaan Mahasiswa UNS Usai Ikuti Uji Coba PTM

UNS --- Penantian mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang telah rindu dan ingin...

Targetkan WCU, Wedangan IKA UNS Usung Tema Peningkatan Mutu Pendidikan

UNS --- Alumni mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam IKA UNS...

Bagaimana Membangun Personal Branding bagi Job Seeker? Berikut Tips dari Webinar AIESEC in UNS

UNS --- ‘Kesan’ merupakan salah satu hal penting yang menjadi penilaian recruiter atau perekrut...

Kajian Ramadan UNS: Tekankan Kesungguhan Niat serta Pentingnya Menjaga Lisan dalam Berpuasa

UNS --- Mengawali Ramadan 1442 Hijriah, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta selenggarakan...

Optimalkan Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, UNS Jalin Kerja Sama dengan Taman Satwa Taru Jurug

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melebarkan kerja samanya ke sejumlah pihak untuk...

Gandeng Distanbun Jawa Tengah, Filosofi Padi UNS Terlibat dalam Sarasehan Petani Peternak Muda

UNS --- Sejumlah mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang...

Tiga Mahasiswa UNS Raih Juara dalam Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Sukoharjo

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang berkompetisi dalam Grand...

Bangun Public Awareness dengan Infografis, Mahasiswa UNS Menang di STATFEST 2021

UNS --- Pada usianya yang terhitung muda, Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas Matematika dan...

Takjil yang Perlu Dihindari Saat Berbuka Menurut Ahli Gizi RS UNS

UNS --- Mengawali buka puasa dengan menyantap takjil yang menyegarkan, manis, dan berminyak,...