UNS — Sebanyak 50 alumni Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil membukukan kisah inspiratif mereka. Buku berjudul “Kisah Inspiratif 50 Alumni Fakultas Pertanian UNS” tersebut diluncurkan secara resmi pada Selasa (21/12/2021). Peluncuran ini dilakukan bersamaan dengan Seminar Nasional betajuk “Outlook Pertanian Indonesia 2022” oleh FP UNS.

Inisiator pembuatan buku kisah inspiratif alumni, Dr. Agung Wibowo, S.P., M.Si. mengatakan bahwa buku tersebut merupakan salah satu media transfer wawasan dan pengalaman dari para alumni yang telah berkiprah di dunia kerja. Selain itu, buku ini juga diharapkan sebagai bentuk soliditas alumni FP UNS yang telah tersebar di berbagai wilayah.

“Dalam kesempatan ini pula, Fakultas Pertanian meluncurkan buku kisah inspiratif 50 alumni yang telah mengabdi di seluruh pelosok negeri dari berbagai profesi dan pengusaha. Penulisan buku ini merupakan media transfer pengetahuan dan pengalaman sehingga ini menjadi inspirasi khususnya kepada mahasiswa FP UNS dan pembaca secara umum. Harapannya selain menjadi media transfer pengetahuan juga menjadi media dalam membangun soliditas alumni yang tersebar dari Sabang sampai Merauke,” ujar Dr. Agung yang juga sebagai Wakil Dekan Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi FP UNS.

Sementara itu, Dekan FP UNS, Prof. Ir. Dr. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng. Mengatakan bahwa buku ini juga merupakan bentuk kilas balik sejarah FP UNS. Buku ini dapat membuat pembacanya mengenang kembali transformasi FP UNS dari masa ke masa.

“Buku Kisah Inspiratif Alumni Fakultas Pertanian UNS menjadi kilas balik sejarah dan mengenang kembali sejarah panjang Fakultas Pertanian UNS dari masa ke masa. Sejarah Fakultas Pertanian UNS memberikan gambaran yang jelas mengenai berbagai aspek seperti perkembangan teknologi, sistem pemerintahan, hingga perilaku sosial, dan budaya di masyarakat. Kisah suka duka saat menjadi mahasiswa Fakultas Pertanian menjadi bagian menarik dalam buku ini,” jelas Prof. Saman.

Peluncuran buku ini disambut baik oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS. Sekretaris Jenderal IKA UNS Pusat, Drs. Bambang Dwi Wahyudi menyampaikan peluncuran buku tersebut menunjukkan kualitas alumni FP UNS. Bambang berharap langkah yang diambil alumni FP UNS dapat ditiru alumni fakultas-fakultas lain.

Fakultas Pertanian UNS Luncurkan Buku Kisah Inspiratif 50 Alumni

“Penghargaan setinggi-tingginya kami sampaikan kepada Fakultas Pertanian UNS yang telah sukses mengantarkan mahasiswa-mahasiswanya di dunia kerja hampir di semua bidang di republik ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh alumni FP UNS yang telah berkiprah dan menjadi leader bagi seluruh alumni UNS yang lain dan bisa dicontoh alumni fakultas-fakultas lain,” imbuhnya.

Buku ini ditulis oleh 50 alumni FP UNS dari berbagai angkatan. Beberapa alumni yang menuliskan kisah mereka di buku ini di antaranya Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr.Ir. Ahmad Yunus, M.S.; Prof. Dr.Ir. Endang Siti Rahayu, M.S.; Ir. Winarhadi; Prof. Dr. Ir. Maria Theresia Sri Budiastuti, M.Si.; Dr. Ir. Maman Suherman, M.M dan masih banyak lagi. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

UPPJ LPPM UNS Siapkan 10 Jurnal UNS agar Terindeks DOAJ

UNS --- Sepuluh jurnal milik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah disiapkan untuk...

Pakar Bahasa UNS Tanggapi Fenomena Trilingual di Media Sosial

UNS --- Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan penggunaan trilingual atau multilingual. Hal...

Kemendes PDTT Secara Simbolis Lepas Mahasiswa Peserta KKN Tematik UNS Membangun Desa

UNS --- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik...

Pusat Studi Difabilitas UNS Adakan Diskusi Angkat Tema Riset Berperspektif Disabilitas

UNS --- Isu disabilitas kian diperhatikan berbagai pihak di Indonesia. Universitas Sebelas Maret...

Pusdemtanas UNS Gelar Seminar Standar Hukum Pelaksanaan Vaksinasi Wabah Penyakit

UNS --- Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan...

Pemkab Purworejo Terima Mahasiswa KKN Tematik Membangun Desa MBKM UNS

UNS --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menerima secara langsung mahasiswa Kuliah Kerja...

KKN Tematik UNS Membangun Desa Diikuti 1.492 Mahasiswa, Rektor UNS: Menjadi Esensi Sekaligus Mandat bagi Mahasiswa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas 1.492 mahasiswa peserta Kuliah Kerja...

Kuatkan Ekosistem Pembayaran Digital, UNS Teken Kerja Sama dengan LinkAja

UNS --- Pandemi Covid-19 memaksa semua pihak untuk mengubah pola kehidupan ke arah digital. Hal...

Fokus Inventarisasi Data Prestasi Mahasiswa, DRAK UNS Gandeng UPT Humas dan Media

UNS --- Dari tahun ke tahun prestasi mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kian...

Merpati Putih UNS Borong 6 Juara dalam Bandung Lautan Api Championship 3

UNS --- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Merpati Putih Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...