Keluarga Alumni Prodi Sastra Inggris FIB Resmi Dikukuhkan

UNS — Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melantik dan mengukuhkan pengurus Keluarga Alumni Program Studi  Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) periode 2021-2024. Pelantikan yang tertuang pada Surat Keputusan Pengurus IKA UNS Pusat No. 2 SK/IKAUNS/D1/2021 ini dilaksanakan secara luring dan daring pada Sabtu (27/3/2021). Bertempat di Ruang Seminar FIB UNS, pelantikan ini dihadiri oleh Pengurus IKA UNS, Dekan FIB UNS, Prof. Warto, Keprodi Sastra Inggris FIB UNS, Dr. Fitria Akhmerti Primasita, Ketua Keluarga Alumni FIB (KAFIB) UNS, Dra. Dwi Hastuti dan jajaran pengurus baru Keluarga Alumni Prodi Sastra Inggris FIB UNS.

Dalam sambutannya, Dr. Fitria Akhmerti Primasita menyampaikan bahwa pembentukan organisasi alumni ini merupakan salah satu impiannya ketika dilantik menjadi Kaprodi.

“Hari ini sangat membahagiakan karena akhirnya Keluarga Alumni Sastra Inggris memiliki organisasi alumni yang resmi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum terpilih Joko Nugroho yang merupakan alumnus Prodi Sastra Inggris Angkatan 1987 berharap agar organisasi alumni ini dapat bermanfaat bagi Prodi Sastra Inggris.

“Semoga organisasi ini dapat membangkitkan kepedulian bersama, meningkatkan persaudaraan, bisa sebagai berbagi informasi, dan mengembangkan talenta dari seluruh alumni. Kepengurusan ini merupakan periode pertama yang pastinya akan banyak tantangan sekaligus menjadi teladan bagi kepengurusan yang akan datang. Oleh karena itu, kebersamaan sangat kami butuhkan,” jelasnya saat memberikan sambutan.

Ia yakin melalui kerja sama dan komitmen dari seluruh pengurus dapat memberikan manfaat bagi alumni, almamater, dan masyarakat luas. Beberapa hal yang menjadi target selama masa kepemimpinan antara lain mempererat hubungan antaralumni berbagai angkatan, membuat database alumni, serta mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan mahasiswa dan alumni.

“Kegiatan tersebut bisa dalam bentuk pelatihan atau pembekalan kepada adik-adik mengenai dunia industri. Supaya setelah lulus lebih terarah dan tau ingin ke mana dan menjadi apa,” imbuhnya.

Sementara itu, Dekan FIB UNS, Prof. Warto menyambut baik pengukuhan dan pelantikan Keluarga Alumni Prodi Sastra Inggris ini. Pasalnya, baru dua Prodi di FIB yang memiliki organisasi alumni secara resmi, yaitu Prodi Sastra Indonesia dan Sastra Inggris.

“Kami harap Prodi-Prodi lain segera meresmikan supaya nanti tidak hanya untuk mengembangkan Prodi saja, tetapi untuk sengkuyung bersama agar FIB bisa berkembang lebih baik,” terangnya.

Prof. Warto menjelaskan bahwa perguruan tinggi memiliki empat pilar, yaitu dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan alumni. Dekan FIB tersebut mengibaratkan seperti rumah Jawa yang berdiri kokoh karena memiliki empat pilar atau tiang penyangga.

“Kalau pilarnya cuma 3 pasti doyong. Selama ini kita belum terlalu ngopeni atau memperhatikan pilar keempat atau alumni. Padahal alumni memiliki peran strategis dalam pengembangan Prodi, fakultas, dan universitas. Mari kita isi  bersama agar Keluarga Alumni Prodi Sastra Inggris dapat berjalan dan bermanfaat bagi semua,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Mahasiswa UNS Torehkan Prestasi pada Lomba Cergam Kemendikbud-Ristek RI

UNS --- Lagi-kagi, kabar gembira datang dari mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta....

Pelepasan 55 Burung Perkutut Awali Pertandingan Persahabatan UNS FC Lawan Jurnalis FC

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar pertandingan sepakbola antara UNS FC...

Sebanyak 2.727 Pendaftar Lolos SBMPTN UNS 2021

UNS --- Sebanyak 2.727 pendaftar dinyatakan lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri...

Berlangsung Sengit, UNS FC Tundukkan Jurnalis FC dengan Skor 8-4

UNS --- Laga pertandingan persahabatan antara Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Football...

Nanda Mei, Atlet Paralympic dengan Segudang Prestasi

UNS --- Banyak mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang memiliki segudang prestasi...

Tim Bengawan UV UNS Raih Juara 2 dalam Kompetisi COMET 2021

UNS --- Prestasi membanggakan kembali hadir dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pada...

Saran Ahli Gizi RS UNS Soal BTS Meal: Batasi Asupannya dan Tidak Dikonsumsi Berlebihan

UNS --- BTS Meal yang merupakan menu anyar hasil kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan...

Analisis Pakar Advertising UNS Terkait Hebohnya Pembelian BTS Meal yang Timbulkan Kerumunan di Berbagai Kota

UNS --- BTS Meal yang merupakan menu kolaborasi antara salah satu perusahaan makanan cepat saji...

Rembug.in #6 Semesta UNS: Yuk, Ketahui Cara Jitu Membangun Branding dan Marketing Startup

UNS --- Talk show Rembug.in yang digelar oleh Innovation Hub (I-Hub) Direktorat Inovasi dan...

Rintis MAKOSTA, Mahasiswa UNS Hadirkan Masker Khusus Anak-anak

UNS --- Sejumlah mahasiswa Administrasi Negara (AN) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)...