Keluarga Alumni Prodi Sastra Inggris FIB Resmi Dikukuhkan

UNS — Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melantik dan mengukuhkan pengurus Keluarga Alumni Program Studi  Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) periode 2021-2024. Pelantikan yang tertuang pada Surat Keputusan Pengurus IKA UNS Pusat No. 2 SK/IKAUNS/D1/2021 ini dilaksanakan secara luring dan daring pada Sabtu (27/3/2021). Bertempat di Ruang Seminar FIB UNS, pelantikan ini dihadiri oleh Pengurus IKA UNS, Dekan FIB UNS, Prof. Warto, Keprodi Sastra Inggris FIB UNS, Dr. Fitria Akhmerti Primasita, Ketua Keluarga Alumni FIB (KAFIB) UNS, Dra. Dwi Hastuti dan jajaran pengurus baru Keluarga Alumni Prodi Sastra Inggris FIB UNS.

Dalam sambutannya, Dr. Fitria Akhmerti Primasita menyampaikan bahwa pembentukan organisasi alumni ini merupakan salah satu impiannya ketika dilantik menjadi Kaprodi.

“Hari ini sangat membahagiakan karena akhirnya Keluarga Alumni Sastra Inggris memiliki organisasi alumni yang resmi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum terpilih Joko Nugroho yang merupakan alumnus Prodi Sastra Inggris Angkatan 1987 berharap agar organisasi alumni ini dapat bermanfaat bagi Prodi Sastra Inggris.

“Semoga organisasi ini dapat membangkitkan kepedulian bersama, meningkatkan persaudaraan, bisa sebagai berbagi informasi, dan mengembangkan talenta dari seluruh alumni. Kepengurusan ini merupakan periode pertama yang pastinya akan banyak tantangan sekaligus menjadi teladan bagi kepengurusan yang akan datang. Oleh karena itu, kebersamaan sangat kami butuhkan,” jelasnya saat memberikan sambutan.

Ia yakin melalui kerja sama dan komitmen dari seluruh pengurus dapat memberikan manfaat bagi alumni, almamater, dan masyarakat luas. Beberapa hal yang menjadi target selama masa kepemimpinan antara lain mempererat hubungan antaralumni berbagai angkatan, membuat database alumni, serta mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan mahasiswa dan alumni.

“Kegiatan tersebut bisa dalam bentuk pelatihan atau pembekalan kepada adik-adik mengenai dunia industri. Supaya setelah lulus lebih terarah dan tau ingin ke mana dan menjadi apa,” imbuhnya.

Sementara itu, Dekan FIB UNS, Prof. Warto menyambut baik pengukuhan dan pelantikan Keluarga Alumni Prodi Sastra Inggris ini. Pasalnya, baru dua Prodi di FIB yang memiliki organisasi alumni secara resmi, yaitu Prodi Sastra Indonesia dan Sastra Inggris.

“Kami harap Prodi-Prodi lain segera meresmikan supaya nanti tidak hanya untuk mengembangkan Prodi saja, tetapi untuk sengkuyung bersama agar FIB bisa berkembang lebih baik,” terangnya.

Prof. Warto menjelaskan bahwa perguruan tinggi memiliki empat pilar, yaitu dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan alumni. Dekan FIB tersebut mengibaratkan seperti rumah Jawa yang berdiri kokoh karena memiliki empat pilar atau tiang penyangga.

“Kalau pilarnya cuma 3 pasti doyong. Selama ini kita belum terlalu ngopeni atau memperhatikan pilar keempat atau alumni. Padahal alumni memiliki peran strategis dalam pengembangan Prodi, fakultas, dan universitas. Mari kita isi  bersama agar Keluarga Alumni Prodi Sastra Inggris dapat berjalan dan bermanfaat bagi semua,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Dubes RI untuk Panama Buka Guest Lecturer Series Prodi Arsitektur FT UNS

UNS --- Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Republik Indonesia (RI) untuk...

Inilah Perasaan Mahasiswa UNS Usai Ikuti Uji Coba PTM

UNS --- Penantian mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang telah rindu dan ingin...

Targetkan WCU, Wedangan IKA UNS Usung Tema Peningkatan Mutu Pendidikan

UNS --- Alumni mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam IKA UNS...

Bagaimana Membangun Personal Branding bagi Job Seeker? Berikut Tips dari Webinar AIESEC in UNS

UNS --- ‘Kesan’ merupakan salah satu hal penting yang menjadi penilaian recruiter atau perekrut...

Kajian Ramadan UNS: Tekankan Kesungguhan Niat serta Pentingnya Menjaga Lisan dalam Berpuasa

UNS --- Mengawali Ramadan 1442 Hijriah, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta selenggarakan...

Optimalkan Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, UNS Jalin Kerja Sama dengan Taman Satwa Taru Jurug

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melebarkan kerja samanya ke sejumlah pihak untuk...

Gandeng Distanbun Jawa Tengah, Filosofi Padi UNS Terlibat dalam Sarasehan Petani Peternak Muda

UNS --- Sejumlah mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang...

Tiga Mahasiswa UNS Raih Juara dalam Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Sukoharjo

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang berkompetisi dalam Grand...

Bangun Public Awareness dengan Infografis, Mahasiswa UNS Menang di STATFEST 2021

UNS --- Pada usianya yang terhitung muda, Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas Matematika dan...

Takjil yang Perlu Dihindari Saat Berbuka Menurut Ahli Gizi RS UNS

UNS --- Mengawali buka puasa dengan menyantap takjil yang menyegarkan, manis, dan berminyak,...