UNS — Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan kegiatan “Telling Success Story” bersama Brigadir Jendral TNI dr. Agung Hermawanto, Sp.KJ., M.M.R.S., alumnus berprestasi FK UNS Tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid yang berlokasi di Auditorium FK UNS dan melalui Zoom Cloud Meeting serta melalui kanal Youtube resmi FK UNS. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, acara ini dilangsungkan pada Jumat (12/3/2021).

Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) beserta jajarannya, dosen dan tenaga kependidikan, serta para mahasiswa FK UNS. Dalam sambutannya, Prof. Reviono berharap para pendengar dapat menerima dari berbagai sisi kisah inspiratif alumnus Berprestasi FK UNS ini.

Dalam pengakuannya, Istri Brigjen TNI Agung memahami betul bagaimana pencapaian saat ini adalah berkat dari orangtua dan mengingatkan kepada semua yang hadir bahwa restu orang ua adalah yang terpenting.

“Segala hal yang dirangkum dari apa yang Pak Agung peroleh sampai saat ini, seperti yang bapak-ibu tadi dengar, itu tidak lepas dari pangestunya orangtua. Jadi apa-apanya Pak Agung ini yang terpenting dalam hidupnya adalah orangtuanya. Jadi adik-adik yang ada di sini, untuk menjadi sukses itu tidak lepas dari pangestu orangtua,” ujar Istri Brigjen TNI Agung.

Sosok yang dikenal humoris ini memiliki perjalanan panjang dalam meniti karier baik dalam dunia kesehatan maupun kemiliteran. Alumnus yang telah menempuh pendidikan dokter di FK UNS ini melanjutkan spesialisasi kesehatan jiwa pada tahun 1999. Kemudian mendapatkan gelar Magister Manajemen Rumah Sakit pada tahun 2010 serta sekarang ini melanjutkan studi Subspesialisasi Psikiatri Adiksi sejak tahun 2019.

Karier kemiliterannya diawali di Sekolah Perwira Militer Sukarela (Sepamilsuk) pada tahun 1991. Brigjen TNI Agung mendapatkan banyak pengalaman ketika melakukan tugas operasi di Papua dan Aceh. Karier semakin menanjak ketika menjabat sebagai Kepala Kesehatan Akademi Militer (Akmil) Magelang pada tahun 2013 dan menjadi Kepala Departemen Kesehatan Jiwa Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Kini, Brigjen TNI Agung menjabat sebagai Wakil Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Wakapuskesad).

Kontribusi aktif Brigjen TNI Agung pun diberikan untuk penanganan pandemi Covid-19. Hal paling terlihat adalah proses penyiapan Wisma Atlet menjadi Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. Ada pula persiapan untuk pemeriksaan PCR yang masif serta tata kelola pengelolaan limbah medis.

“Disaat-saat pandemi, kami dipercaya dan diberi kesempatan untuk mengabdi kepada negara. Yang pertama, kami menyiapkan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. Itu pengalaman yang tidak ternilai, saya pikir waktu itu dimana antar kementerian, badan, dan lembaga jadi satu itu Wisma Atlet yang berupa wisma harus saya “roboh-robohkan” menjadi rumah sakit darurat,” ungkap Brigjen TNI Agung.

Di akhir sesi, Brigjend TNI Agung menyelipkan kalimat motivasi kepada peserta yang hadir bahwa poin penting yang perlu dipegang ialah bekerja dengan ikhlas, belajar menjadi hal yang wajib, yakin akan kemampuan diri sendiri, Allah akan selalu bersama dengan kita, serta ojo kagetan-ojo gumunan-ojo dumeh.

“Kita kuliah adalah untuk mendapatkan kemampuan intelektual, ini yang penting. Kemampuan intelektual inilah yang menjadi bekal daripada kita nantinya untuk dapat mengatasi permasalahan dalam kehidupan maupun dalam pekerjaan,” tutur Brigjen TNI Agung. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Inilah Perasaan Mahasiswa UNS Usai Ikuti Uji Coba PTM

UNS --- Penantian mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang telah rindu dan ingin...

Targetkan WCU, Wedangan IKA UNS Usung Tema Peningkatan Mutu Pendidikan

UNS --- Alumni mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam IKA UNS...

Bagaimana Membangun Personal Branding bagi Job Seeker? Berikut Tips dari Webinar AIESEC in UNS

UNS --- ‘Kesan’ merupakan salah satu hal penting yang menjadi penilaian recruiter atau perekrut...

Kajian Ramadan UNS: Tekankan Kesungguhan Niat serta Pentingnya Menjaga Lisan dalam Berpuasa

UNS --- Mengawali Ramadan 1442 Hijriah, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta selenggarakan...

Optimalkan Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, UNS Jalin Kerja Sama dengan Taman Satwa Taru Jurug

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melebarkan kerja samanya ke sejumlah pihak untuk...

Gandeng Distanbun Jawa Tengah, Filosofi Padi UNS Terlibat dalam Sarasehan Petani Peternak Muda

UNS --- Sejumlah mahasiswa Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang...

Tiga Mahasiswa UNS Raih Juara dalam Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Sukoharjo

UNS --- Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang berkompetisi dalam Grand...

Bangun Public Awareness dengan Infografis, Mahasiswa UNS Menang di STATFEST 2021

UNS --- Pada usianya yang terhitung muda, Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas Matematika dan...

Takjil yang Perlu Dihindari Saat Berbuka Menurut Ahli Gizi RS UNS

UNS --- Mengawali buka puasa dengan menyantap takjil yang menyegarkan, manis, dan berminyak,...

Dari Lulusan Terbaik UNS Hingga Menjadi Islamic Finance Specialist di PBB

UNS --- Menjadi mahasiswa yang aktif berorganisasi kerap kali dipandang sebelah mata. Kesibukan...