UNS Selenggarakan The Gade Sociopreneurship Challenge 2023

UNS Selenggarakan The Gade Sociopreneurship Challenge 2023

UNS – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar acara bertajuk “Kick Off The Gade Sociopreneurship Challenge 2023” pada Senin (9/10/2023) di Gedung Suhardi FEB UNS. Acara ini bertujuan memberdayakan sociopreneurship pemuda untuk dampak yang berkelanjutan dan meningkatkan literasi keuangan millenials.  Dalam kegiatan ini, dihadiri oleh Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com. (Hons), Ph.D., Ak., selaku Dekan FEB UNS; Eka Febriansyah selaku Direktur Jaringan, Operasional, dan Penjualan Pegadaian dan Catur Sugiarto, S.E., M.SM.,M.Rech.,Ph.D.,CDMP., selaku Kepala Inkubator Bisnis UNS Innovation Hub.

The Gade Sociopreneurship Challenge merupakan kompetisi ide bisnis sosial dan star up sosial bagi mahasiswa seluruh Indonesia yang diinisiasi oleh PT Pegadaian. Berkolaborasi dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) sebagai wadah inkubasi para pemuda dalam menciptakan kebermanfaatan sosial melalui wirausaha sosial. Pemuda didorong menjadi youth sociopreneur melalui ide bisnis atau usaha dengan melihat masalah dan kebutuhan sosial sebagai peluang untuk meningkatkan dampak berkelanjutan dari masyarakat. Ide bisnis ini akan diusulkan dalam The Gade Sociopreneurship Challenge yang akan menjawab atau mendukung salah satu tujuan Sustainable Development Goals’s sehingga dapat mendukung capaian SDG’s Indonesia tahun 2030.

Catur Sugiarto, S.E., M.SM.,M.Rech.,Ph.D.,CDMP., selaku Kepala Inkubator Bisnis UNS Innovation Hub dalam sambutannya menyampaikan bahwa diperlukan acara seperti ini untuk meningkatkan prosentase program wirausaha di tingkat nasional. Program The Gade Sociopreneurship hadir menjadi salah satu solusi UNS menampung kebutuhan mahasiswa untuk berwirausaha. 

“Dengan adanya program ini, kami berharap ekosistem kewirausahaan dan inovasi di perguruan tinggi khususnya di UNS semakin berkembang. Kami menyambut baik acara ini, sebuah kehormatan untuk kami sebagai universitas yang telah menyumbangkan 7% lulusan kami yang sudah berwirausaha,” ujar Catur.

Eka Febriansyah selaku Direktur Jaringan, Operasional, dan Penjualan Pegadaian juga menyampaikan untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Sebab akan ada banyak hal positif yang mahasiswa peroleh. PT Pegadaian akan ikut berpartisipasi untuk pendanaan, investasi dan networking.

 “Kami ingin melalui kegiatan ini bisa melahirkan sociopreneur muda yang memang sudah siap memasuki dunia usaha pasca lulus dari kampus. Kemudian, kami akan memberikan pendampingan kepada mahasiswa sehingga inovasinya bisa dilaksanakan dan bermanfaat,” pungkas Eka. Humas UNS

Reporter: Dhelinta FP

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content