FT-Rohmadi-UNS

Cinta dan Bangga Menjadi Keluarga Besar UNS:
40 Tahun Universitas Sebelas Maret (UNS) Mengabdi kepada NKRI

 

Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNS
Alumni Jurusan Sastra Indonesia FSSR tahun 1999
Email: rohmadi_dbe@yahoo.com

 

“Pengabdian kepada NKRI membutuhkan pengorbanan dan keihkhlasan untuk melahirkan generasi-generasi emas yang akan bersinar di seluruh pelosok negeri dan membanggakan Ibu Pertiwi”

UNS BISA. Semangat tersebut menjadi tage line UNS menuju world class university pada tahun 2031 yang akan datang. Pada tanggal 11 Maret 2016 yang akan datang tepat empat puluh tahun UNS mengabdi kepada NKRI. Berbagai wujud perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang yang diramu dan dikaji oleh seluruh pinisepuh UNS sejak 11 Maret 1976 terus diperbaiki sesuai dengan perkembangan zaman. Pengembangan sumber daya manusia, infrastruktur, dan sarana prasarana yang mendukung terus direalisasikan secara bertahap untuk menjadi pondasi kokoh yang melahirkan generasi-generasi emas untuk NKRI.

UNS ingin berpartisipasi aktif untuk membangun negeri dengan mengintegrasikan antara penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya di dunia internasional ternyata terus diwujudkannya dalam berbagai prestasi yang diraih secara bertahap. Estafet kepemimpinan yang terus berkelanjutan untuk mewujudkan rencana stratgeis yang telah disusun terus gayung bersambut. Dukungan semua elemen dari masing-masing SDM di setiap fakultas, kantor, lembaga, upt, dan semua unit yang mendukung terwujudnya visi, misi, dan tujuan UNS untuk mengabdikan diri kepada NKRI. Semua integrasi dan kerja sama kelembagaan di dalam dan luar negeri terus dijalin untuk memperkuat jaringan menuju UNS menyinari Indonesia dan dunia.

Komitmen untuk maju dan berkembang adalah satu wujud nyata yang ditunjukkan oleh para pemimpin UNS sejak Rektor UNS pertama sampai Rektor UNS yang ketujuh, yang sekarang yakni Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. Berbagai strategi pengembangan sumber daya manusia untuk memperkuat bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat terus diupayakan. Berbagai trobosan untuk mewujudkan perubahan internal dan eksternal terus dilakukan secara bertahap sehingga perestasi demi prestasi terus diperoleh, seperti pada awal tahun 2016 ini UNS dinobatkan sebagai kampus terbaik nomor empat di Indonesia, UNS sebagai kampus peringkat ke-4 versi 4ICU, urutan kesembilan dalam perangkingan webometric, UNS urutan ke-5 sebagai green campus, dan masih banyak lagi prestasi yang diraih oleh UNS selama empat puluh tahun mengabdi kepada NKRI.

Rasa cinta dan bangga tentu akan terus dirasakan oleh seluruh civitas akademika UNS dan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS yang akan mengadakan Reuni Akbar pada tanggal 12 s.d. 13 Maret 2016 di Auditorium UNS Kentingan dengan branding “Ayo Mulih Kentingan”. Semua aktivitas yang dilakukan Civitas akademika dan IKA UNS harus menunjukkan rasa cinta dan bangga kepada alamamaternya. Dukungan apa pun yang diberikan oleh para civitas akademika UNS dan alumni kepada UNS akan sangat bermanfaat untuk mendukung, menjaga, dan melestarikan berbagai prestasi yang telah diraih UNS. Karena meraih lebih mudah dilakukan dari pada menjaga dan mempertahankannya. Selain itu, komitmen dan dukungan seluruh alumni dan civitas akademika UNS akan mendukung percepatan pencapaian visi, misi, dan tujuan UNS untuk menyinari dunia.

Gotong royong dan saling menjaga harus ditanamkan kepada seluruh civitas akademika UNS. Dosen, mahasiswa, staf dan karyawan UNS harus bersatu, bergandeng tangan untuk menjaga semua yang telah dicapai oleh para pinisepuh UNS untuk negeri Indonesia tercinta. Semua civitas akademika UNS harus bersama-sama untuk saling memiliki UNS sehingga rasa untuk menjaga nama besar UNS terus dilakukan di mana saja dan kapan saja oleh seluruh keluarga besar UNS. Cintailah dan banggalah menjadi keluarga besar UNS. Dengan demikian, komitemen dan keyakinan bahwa UNS BISA akan terus menjadi “nafas dan semangat” seluruh keluarga besar UNS untuk mengabdi dengan ikhlas untuk NKRI di mana pun mereka berada. Terima kasih para pinisepuh UNS, dosen-dosen kami, dan staf karyawan UNS yang telah membekali kami semua dengan berbagai ilmu pengetahuan dan kekuatan mental untuk mengabdi kepada NKRI. Aku cinta UNS, Aku bangga UNS, UNS memang BISA dan LUAR BIASA!.

“Komitmen untuk memiliki dan menjaga sebuah lembaga adalah rasa yang tidak dapat diwujudkan dengan cara instan tetapi harus dicapai secara bertahap dan terus-menerus dengan segala rasa cinta, pengabdian, pengorbanan, dan keihklasan untuk almamater tercinta”