UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan menggelar Forum Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) ke XVI pada tanggal 12-14 September 2017 mendatang. FREKS XVI ini akan diselenggarakan di Auditorium UNS dan diikuti oleh 650 pakar ekonomi syariah dari seluruh Indonesia.

“FREKS XVI tahun ini mengusung tema Menuju Paradigma Baru Pengembangan Industri Keuangan Syariah Indonesia: Penguatan Peran Pemerintah,” jelas Ravik Karsidi selaku Rektor UNS.

Selanjutnya, Ravik menjelaskan bahwa FREKS XVI diselenggarakan dalam rangka eksplorasi ide atau gagasan ilmiah di bidang Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia. Acara ini juga bertujuan untuk menumbuhkan budaya riset terapan sesuai kebutuhan industri di bidang ekonomi dan keuangan syariah, dan transfer of knowledge dari para ahli dan peneliti di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Dalam FREKS XVI yang berlangsung selama tiga hari ini terdapat 30 papers di UNS yang akan dipresentasikan. Perincian paper per kategori adalah 12 paper kategori muda, 12 paper kategori madya dan 6 paper kategori rekomendasi jurnal terindeks Scopus.

Falikhatun selaku panitia menuturkan bahwa keynote speaker FREKS XVI ialah menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang PS Brodjonegoro dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.

Sedangkan pada Prominent Lecture on Islamic Finance pada hari kedua dihadiri oleh Anggota Badan Pelaksana Badan Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu yang juga menghadirkan Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Bambang Setiaji sebagai pembicara kunci. humas-red.uns/Can/Dty