Mahasiswa UNS

Mahasiswa FSRD UNS Terima Hadiah Sayembara Gambar Semar dan Punakawan Milenial

By 28 June 2020 No Comments
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
UNS – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima hadiah sebesar Rp 6.250.000 dari PT. Batik Semar dalam ajang Sayembara Gambar Semar dan Punakawan Milenial, Selasa (23/6/2020).
Sayembara yang digelar secara online tersebut merupakan kerja sama antara PT. Batik Semar dengan FSRD UNS. Tujuanya untuk mengasah kreativitas mahasiswa Prodi Seni Rupa Murni UNS selama pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Saat dihubungi uns.ac.id melalui pesan singkat, Sartika Ayu Andari yang merupakan salah satu penerima hadiah sayembara menjelaskan kegiatan tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa aktif Prodi Seni Rupa Murni UNS di semua angkatan. Selanjutnya, hasil karya sayembara akan dikerucutkan menjadi 10 pemenang dengan 2 kategori yang berbeda.

“Kategori pertama adalah membuat tokoh Punakawan yang bergaya milenial dan kategori yang kedua adalah membuat tokoh Semar bergaya milenial,” jelas Sartika.

Mahasiswa Prodi Seni Rupa Murni FSRD UNS yang masuk ke dalam 10 besar Sayembara Gambar Semar dan Punakawan Milenial adalah Kharisma Putri, Gagah Bella Alhaq, Niken Dewi Saputri, Noni Rinjani, Anita Chyntia Dewi, Aprilia Tri Hapsari, Dani Arianto, Anggista Citra Pita Sari, Sartika Ayu Andari, dan Anung Chrispanjalu.

Dalam prosesnya, Sartika yang mengikuti sayembara kategori Semar Milenial mengaku butuh 6 hari untuk menyelesaikan desainnya. Alasannya memilih tokoh Semar karena ia ingin desainnya dapat direalisasikan menjadi maskot/ patung PT. Batik Semar.

“Kurang lebih 6 hari karena pengumumannya (red: sayembara) keluar tanggal 12 April dan deadline-nya tanggal 18 April. Menurut saya mungkin yang susah membuat desain gambar tanpa menghilangkan karakter aslinya. Di sini teman-teman ada macam-macam cara ngerjainnya. Ada yang langsung ke digital dan ada yang digambar dulu manual di kertas baru di edit di pc/ laptop,” lanjut Sartika.

Walau selama proses pengerjaan ia dituntut fokus untuk menyelesaikan Ujian Akhir Semester (UAS) Semester Genap, Sartika mengaku senang dengan keikutsertaannya dalam sayembara ini.

Baginya, mencari ide untuk menyuguhkan desain tokoh Punakawan dengan rasa milenial merupakan tantangan tersendiri. Selain itu, ia juga memuji hasil karya sayembara mahasiswa Prodi Seni Rupa Murni UNS lainnya yang sama-sama keren.

“Karena sebenernya susahkan itu nyari idenya, yaitu gimana caranya bisa menyuguhkan desain Punakawan yang gaul tapi tetap terlihat karakternya. Dan yang ikut lomba ini juga lumayan banyak dari berbagai angkatan di Prodi Seni Rupa Murni UNS. Senang dan bangga sih gak nyangka ternyata bisa menang dalam 10 besar ini karena gambar teman-teman yang lain itu keren-keren banget,” pungkasnya. Humas UNS/Yefta/Dwi

Leave a Reply