Mahasiswa UNS Raih Juara 3 Marvelaw Unnes Competition 2019

UNS – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menyumbang prestasi gemilang dalam kompetisi Marvelaw Unnes Competition 2019 yang digelar pada 11-13 November 2019.

Dalam kompetisi yang dihelat di Universitas Negeri Semarang (Unnes) tersebut, tim mahasiswa UNS asal Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH) yang terdiri dari Dinda Armelita, Fista Anin Gamara, Lailatul Mufidah, Nevi Arifah Oktaviani, Annisa Tri Utari, dan Fatika Redita Suryadarma berhasil membawa pulang juara 3.

“Jadi, lomba yang kami ikuti itu lomba contract drafting and negotiation. Dalam lomba tersebut judul kontrak kami adalah Lisensi Teknologi Antara PT Airex Textille dengan La Chemise Ordinair Corp,” papar Lailatul Mufidah saat dihubungi pada, Minggu (17/11/2019).

Mufida menjelaskan bahwa dalam kasus tersebut ia bersama rekan-rekannya menguraikan contoh kasus perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terhadap mesin produksi tekstil. Mufida juga menambahkan bahwa HKI yang disinggung dalam judul kontraknya tersebut meliputi hak cipta, merek, dan paten.

“PT Airex yang kedudukannya di Indonesia ingin mengadakan kerjasama terkait dengan lisensi teknologi kepada pihak La Chemise Ordinair Corp yang kedudukannya di Perancis. Kerjasama itu lisensi teknologi hak kekayaan intelektual yang meliputi hak cipta, merek dan paten dari mesin produksi. Tujuannya agar terlindungi maka dibuat kontrak kerjasama lisensi teknologi,” tambahnya

Melalui lomba yang ia ikuti tersebut, Mufida menyadari bahwa dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 ini, mahasiswa perlu memahami aturan-aturan atau regulasi yang dapat diimplementasikan dengan kebutuhan jaman sekarang. Apalagi sebagai mahasiswa Prodi Ilmu Hukum, ia juga merasa perlu melek terhadap hukum yang berlaku.

Dengan hasil yang berhasil ia peroleh bersama rekan-rekannya dalam lomba contract drafting and negotiation ini, Mufida berharap agar dirinya dapat meraih hasil yang lebih baik di kompetisi-kompetisi berikutnya.

“Ya harapannya di kompetisi selanjutnya hasil yang kita raih bisa lebih baik,” pungkasnya. Humas UNS/ Yefta

Skip to content