5th UNS SME’s Summit and Awards 2016

Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM (PSP KUMKM) LPPM UNS Surakarta menggelar hajatan ke-5 yang bertajuk “5th UNS SME’s Summit and Awards 2016” di Auditorium UNS, Senin-Rabu (16-18/5/2016). Hajatan ini bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia dan diisi oleh 20 stan unit kecil mikro menengah (UMKM) yang merupakan binaan dari beberapa perusahaan (instansi) pelaksana Program Kemitraan dan Badan Lingkungan (PL-BK) maupun Corporate Social Responsibility (CSR).

Ravik potong pita melati untuk resmikan kegiatan 5th UNS SME’s Summit and Awards 2016.
Ravik potong pita melati untuk resmikan kegiatan 5th UNS SME’s Summit and Awards 2016.

Ketua panitia Emy Widiyanti mengatakan bahwa kegiatan pameran tersebut bertujuan untuk sebagai ajang promosi bagi para peserta pameran. Selain itu, juga dimaksudkan untuk mengenalkan usaha dan produk UMKM serta bisa juga dimanfaatkan untuk membangun kerja sama bisnis dan sinergitas antar para pelaku usaha, instansi, maupun perusahaan.

Ravik Karsidi selaku Rektor UNS menyampaikan apresiasi kepada panitia yang sudah rutin mengadakan hajatan ini sejak 2011. “Ini tidak lain dalam rangka UNS memberikan apresiasi bahwa betapa pentingnya UMKM, dalam memberikan sokongan pengembangan ekonomi khususnya, dan pembangunan ekonomi umumnya di Indonesia,” tuturnya. Lebih lanjut, UNS sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki perhatian kepada pengembangan UMKM ingin memberikan penghargaan kepada mereka yang peduli dalam bidang UMKM. Lima belas tahun yang lalu pada saat terjadi krisis ekonomi di Indonesia, sangat signifikan sekali peran UMKM, inilah menurut Ravik yang membuat inspirasi UNS bahwa UMKM harus dikembangkan lebih lanjut dan UNS bisa menjadi contoh dibanyak tempat.

Ravik sambangi stan UMKM Batik binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).
Ravik sambangi stan UMKM Batik binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Beberapa perusahaan pelaksana PL-BK dan CSR yang membina UMKM adalah BDS Peac Bromo, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), PT Badak NGL, Pelindo 3, PT Pertamina Balongan Indramayu, dan lain sebagainya. Kegiatan “5th UNS SME’s Summit and Awards 2016” merupakan rangkaian acara pameran produk UMKM yang dilaksanakan dari Senin-Rabu (16-18/5/2016), Penganugerahan “Dharmakrida Baraya Adikarya Anugraha bagi Pengembang UMKM” dilaksanakan Senin malam (16/5/2016), dan seminar nasional yang bertajuk “Peningkatan Kapabilitas UMKM dalam Mewujudkan UMKM Naik Kelas”, Selasa (17/5/2016).[] (dodo.red.uns.ac.id)

Baca juga: Dharmakrida Baraya Adikarya Anugraha: Anugerah bagi Para Pengembang UMKM
Baca juga: Seminar Nasional: Peningkatan Kapabilitas UMKM dalam Mewujudkan UMKM Naik Kelas

Skip to content