Adakan Cultural Exchange, UNS Sambut Mahasiswa dari Thepsatri Rajabhat University Thailand

UNS – Penyambutan mahasiswa Internasional dari Thepsatri Rajabhat University (TRU) Thailand diawali dengan pementasan Tari Gambyong pada Rabu, (17/1/2018) di Gedung dr. Prakosa Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama 3 hari hingga Jumat mendatang ini merupakan kunjungan balasan dalam rangka perkenalan antar budaya yang sebelumnya dilakukan oleh mahasiswa UNS di TRU Thailand. Agenda kerja sama internasional ini turut dihadiri oleh Sutarno selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, Ahmad Adib selaku Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Joko Nurkamto selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Munawir Yusuf selaku Wakil Dekan FKIP, tenaga pengajar serta tenaga administrasi FKIP UNS.

Acara penyambutan tamu internasional diakhiri dengan foto bersama delegasi TRU Thailand.

Bertugas sebagai pembawa acara dalam kegiatan tersebut, Taufik Al Makmun selaku Kepala UPT Layanan Internasional UNS menyambut hangat kedatangan 11 delegasi TRU Thailand yang terdiri dari 4 mahasiswa jurusan Seni Budaya dan 7 staf pengajar. Ia mengatakan bahwa Solo merupakan tempat yang sangat sesuai untuk mempelajari serta mendapatkan pengetahuan tentang seni dan budaya.

Mahasiswa UNS dan TRU memasak makanan khas dari Indonesia dan Thailand setelah acara penyambutan.

“Saya berharap dalam agenda ini, dapat meningkatkan kerjasama Internasional antara UNS dan TRU untuk kedepannya,” ungkap Taufik.

Agenda kali ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MOU pada tahun 2016 yang bertujuan untuk menjalin kerjasama Internasional antar perguruan tinggi salah satunya dengan TRU Thailand. Sebelumnya 2 dosen UNS pernah ditugaskan ke Thailand untuk mengajar Bahasa Indonesia. Sebaliknya, Rektor TRU pun sudah 2 kali berkunjung untuk menghadiri acara penting di UNS. Sutarno memberikan sambutan sekaligus memperkenalkan UNS pada kesempatan tersebut.

Saling Perkenalkan budaya, Mahasiswa TRU Thailand mengajarkan tari tradisional Thailand, Ramwongmatathan kepada mahasiswa UNS di gedung F FKIP UNS.

“Cara belajar budaya yang paling efektif adalah langsung ke tempat asalnya. Ini bertujuan agar lebih mengenal bukan hanya tau teorinya saja, salah satunya dengan program student exchange,” pungkas Sutarno.

Penyambutan tamu dari Thailand tersebut kemudian diteruskan dengan acara memasak makanan khas Indonesia dan Thailand serta dilanjutkan perkenalan budaya tari di gedung F FKIP UNS dimana mahasiswa TRU mengajarkan tari tradisional Thailand, Ramwongmatathan kepada mahasiswa UNS begitu juga sebaliknya. Diagendakan juga akan ada pementasan antara mahasiwa UNS dan TRU pada Jumat malam (19/1/2018). humas-red.uns/Ath/Isn

By | 2018-02-07T09:40:11+00:00 January 18th, 2018|Categories: Berita Terkini|