UNS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih 3 (tiga) kategori penghargaan dalam Anugerah Humas 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Malam penganugerahan diselenggarakan di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Sumatera Utara (16/1/2018) bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemeristekdikti 2018.

Rektor UNS di Anugerah Humas PTN Kopertis 2018

Ravik Karsidi, Rektor UNS menerima Anugerah Humas (peringkat I) untuk kategori pengelolaan publisitas PTN BLU/Satker dari Menristekdikti (16/01/2018) di Medan.

Dalam kompetisi kinerja Humas PTN tersebut, UNS berhasil menduduki peringkat 1 kategori publisitas, peringkat 2 untuk kategori website, serta peringkat 2 kategori media sosial untuk kelompok PTN-BLU.

Penghargaan diserahkan oleh Menristekdikti, Mohammad Nasir dan diterima oleh Rektor UNS, Ravik Karsidi dengan didampingi oleh Kepala Humas UNS, Andre Rahmanto.

Ravik Karsidi mengaku bangga atas capaian UNS di bidang kehumasan ini dan berterima kasih atas kerja keras semua pihak terkait.

“Semoga penghargaan ini memacu untuk semakin produktif lagi mengangkat citra UNS serta berkontribusi juga untuk kehumasan di tingkat kementerian,” tutur Ravik.

Andre Rahmanto menjelaskan bahwa anugerah ini baru pertama kali diselenggarakan tahun ini dan menjadi barometer kinerja humas perguruan tinggi di lingkungan Kemenristekdikti.

Alhamdullilah hasilnya sangat membanggakan, UNS mencetak hattrick menjadi satu-satunya PTN BLU yang mendapatkan penghargaan di tiga kategori yang dilombakan,” papar Andre.

Piagam Penghargaan Anugerah Humas PTN Kopertis 2018

Anugerah Humas merupakan program Kemenristekdikti sebagai apresiasi atas kontribusi Humas di masing-masing Perguruan Tinggi Negeri dan Kopertis sebagai diseminator informasi Kemenristekdikti selama tahun 2017. Selain itu, ajang ini ditujukan untuk meningkatkan semangat kinerja Humas PTN dan Kopertis dalam hal kreativitas dan pelayanannya di tahun mendatang.

Dalam kompetisi ini, PTN dan Kopertis dikelompokkan menjadi 5 kelompok yaitu PTN-BH, PTN BLU dan Satker, PTN Baru, Politeknik, dan Kopertis. Proses penilaian kompetisi telah dilakukan sejak pertengahan tahun 2017 oleh public relation expert dari berbagai latar belakang yang meliputi akademisi, pakar, praktisi yang bekerja secara independen.

Jenis kriteria penilaian dalam kompetisi ini disesuaikan dengan karakteristik setiap tools kehumasan. Kategori publisitas harus memiliki keaktifan dalam menjalin hubungan baik dengan wartawan media massa, memiliki dokumentasi media event, kliping pemuatan press release cetak maupun audio visual, dan ragam kegiatan atau event. Pengelolaan website dinilai dari segi pengelolaan, nama alamat yang sesuai dengan domain organisasi pendidikan, tampilan website, konten, teknologi, dan website dengan dwibahasa. Sedangkan media sosial, dinilai dari segi akun terverifikasi, update informasi dan interaktivitas. (Humas-red.uns/Phu/Isn)

Suka dengan artikel ini?

UNS Ajak Alumni Berkontribusi dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

UNS --- Sejak diluncurkan pada tahun 2020, program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) perlahan...

Tim Pengabdian PG-PAUD UNS Dampingi Guru Lakukan PTK

UNS --- Tim pengabdian Dosen Prodi Pendidikan Guru PAUD Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Wujudkan MBKM, FRSD UNS Inisiasi Lompatan Kreatif bersama HIMKI

UNS --- Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tengah...

Dosen UNS Bagikan Tips Membangun Budaya Investasi di Era Digital

UNS --- Kemajuan teknologi di era digital memberikan tantangan yang besar bagi manusia sebagai...

Hebat! Tim Basket UNS Ukir Prestasi pada Ajang PANTASI 2021

UNS --- Rona bahagia menyelimuti tim basket Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas Sebelas Maret...

Tulis Opini tentang Pembelajaran Daring di Masa Pandemi, Mahasiswa UNS Raih Juara 3

UNS --- Nama Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali berjaya di ajang nasional. Kali ini...

Membanggakan! Mahasiswa FP UNS Raih Penghargaan Verbal Commendation di Ajang International MUN Conference 65.0 UNDP

UNS --- Mas Shafira Azhari, mahasiswi Program Studi (Prodi) Ilmu Teknologi Pangan Fakultas...

Tingkatkan Tridharma di Bidang Kehutanan, UNS Jajaki Kerja Sama dengan Perhutani

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjajaki kerja sama dengan Perusahaan Umum...

Rektor UNS Sampaikan Perguruan Tinggi Miliki Peran Strategis dalam Pembangunan Nasional

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum.,...

UNS Jalin Kerja Sama dengan PT. Evos Esports Indonesia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sepakat untuk menjalin kerja sama dengan PT....