Athok, Ketua Forum Genre Kota Solo Peduli Kesehatan Reproduksi Remaja

  • Athok Shofiudin Ma’arif

UNS – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) Athok Shofiudin Ma’arif terpilih sebagai Ketua Pelaksana Peringatan Hari AIDS Sedunia bersama Komisi Penanggulangan AIDS Kota Surakarta pada Desember 2017 lalu. Mahasiswa yang akrab disapa Athok ini pada tahun 2015 lalu berhasil menyabet peringkat runner up 1 dalam ajang Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) sekaligus didaulat sebagai perwakilan kota Solo dalam ajang tersebut.

Athok Shofiudin Ma’arif

Athok Shofiudin Ma’arif

Di salah satu kesempatan, Athok menyampaikan bahwa bahaya penyakit HIV/AIDS yang mematikan masih belum banyak diketahui oleh remaja sekarang. Penderita penyakit ini masih dipandang sebelah mata sehingga mengakibatkan tidak adanya dukungan dan motivasi yang diberikan kepada mereka. Padahal, dukungan dan motivasi lah yang justru dibutuhkan oleh penderita HIV/AIDS.  

“Saya bertekad besar dalam mengedukasi remaja, untuk bersama-sama bisa terhindar dari TRIAD kesehatan reproduksi remaja. Apalagi saya sebagai calon dokter,”ungkapnya.

Hal Inilah yang menjadi motivasi bagi Athok untuk terus berkontribusi secara aktif dalam mengedukasi remaja salah satunya dengan melakukan pembinaan melalu wadah Forum Remaja Genre. Athok ditunjuk sebagai ketua Forum Remaja Genre kota Surakarta yang membantu Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) untuk memberikan sosialisasi program Genre terhadap remaja.

Tujuan Forum ini adalah untuk memfasilitasi kaum muda untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka agar senantiasa berperilaku sehat, terhindar dari resiko penyakit seksual dan HIV/AIDS serta NAPZA (TRIAD kesehatan reproduksi remaja) dengan cara menunda usia pernikahan dan memiliki perencanaan berkeluarga yang matang. humas-red.uns.ac.id/Ath/Ref

By | 2018-02-20T20:46:13+00:00 February 20th, 2018|Categories: Berita Terkini|