UNS – Prof. Yoon Seong Tak, seorang pakar pertanian dari Bioresource Science, Dankook University, Korea Selatan hadir di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (FP UNS) Surakarta, Kamis (6/7/2017). Kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama FP UNS dengan Bioresource Science Dankook University sejak 2011 silam. Profesor Yoon melakukan kunjungannya untuk mengadakan kuliah umum bagi dosen dan mahasiswa.

Prof Yoon Seong Tak memaparkan kondisi pertanahan di Korea Selatan, Kamis (6/7/2017)

Kuliah yang dihadiri oleh civitas akademika dari program studi Ilmu Tanah tersebut mengangkat topik “Kondisi Pertanian di Korea Selatan”. Melalui kuliah umum tersebut, Profesor Yoon membeberkan berbagai fakta mengenai sektor pertanian di Korea Selatan dengan membandingkan masa lalu dan masa kini.

Beberapa diantaranya adalah fakta bahwa tenaga kerja di sektor pertanian di Korea mengalami penurunan yang tajam.  Jumlah pekerja sektor pertanian sebesar 45,9 % pada tahun 1970 sedangkan pada tahun 2015 tinggal 5,1 % dari total jumlah penduduk yang bekerja.

Kuliah umum dihadiri segenap civitas akademika Prodi Ilmu Tanah FP UNS

“Keadaan tanah yang subur yang berpotensi untuk ditanami juga mengalami penurunan, dari seluas 23 %  pada tahun 1970, sedang pada tahun 2015 hanya 16,8 % dari luas wilayah,” paparnya.

Ia juga menambahkan bahwa konsumsi pola makan terjadi perubahan yang awalnya masyarakat Korea mengkonsumsi nasi, sedangkan sekarang berubah mengkonsumsi buah, sayuran, daging dan susu. humas-red.uns/Sav/Dty