Berita Terkini

Datangkan Pakar dari Luar Negeri, Prodi Matematika UNS Gelar ICMETA ke-3

By 22 October 2020 No Comments

UNS – Progam Studi (Prodi) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelengarakan International Conference On Mathematics: Education, Theory & Application (ICMETA) ke-3. Seminar ini diselenggarakan secara luring dan daring dengan aplikasi Zoom Meeting pada hari Selasa (20/10/2020). Secara luring acara ini berlangsung di Ruang Aula Gedung C FMIPA dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan konferensi ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus, mewakili Rektor UNS. Dalam sambutannya Prof. Yunus mengapresiasi kegiatan konferensi ini. Meski dimasa pendemi namun tetap produktif menyelenggarakan kegiatan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sementara itu, ketua Panitia, Dr. Diari Indriati menambahkan, tujuan konferensi ini adalah untuk mengumpulkan para peneliti, insinyur, dan pendidik kelas dunia yang bergerak di bidang matematika dan aplikasinya untuk bertemu dan mempresentasikan kegiatan terbaru mereka.
“konferensi ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi peserta untuk menyebarluaskan temuan-temuan penelitian, dan diharapkan juga dapat memicu ide-ide inovatif,” ujar Dr. Diari.

Tema yang diangkat pada konferensi tahun ini adalah ‘Pemberdayaan Riset dan Pembelajaran Matematika Menuju Era Revolusi Industri 4.0’.
Matematika sebagai ilmu dasar dan terapan merupakan salah satu disiplin ilmu yang sangat dibutuhkan untuk mengisi ruang dalam tren perkembangan era Revolusi Industri yang begitu luar biasa.

Dr. Diari menambahkan, istilah Revolusi Industri 4.0 pasti sudah tidak asing lagi. Awal dari istilah ini adalah terjadinya revolusi industri di seluruh dunia. Dapat dikatakan sebagai revolusi karena perubahan yang terjadi berdampak sangat besar terhadap ekosistem dan cara hidup dunia.

“Sebagaimana kita ketahui Bersama, bahwa Revolusi Industri 4.0 menerapkan konsep otomatisasi yang dilakukan oleh mesin tanpa membutuhkan tenaga manusia dalam penerapannya,” imbuh Dr. Diari.

Terdapat banyak inovasi di Industri 4.0, di antaranya Internet of Things (IoT), Big Data, 3D printing, Artificial Intelligence (AI), self-driving vehicle, genetic engineering, robot, dan smart machine. Dalam dunia pendidikan, semakin maraknya pembelajaran jarak jauh dan layanan pembelajaran online menuntut para guru dan dosen matematika untuk mampu menguasai matematika serta metode pembelajaran berbasis teknologi terkini.

Konferensi yang diikuti oleh 300 an peserta, menghadirkan pembicara utama baik dari dalam maupun luar negeri diantaranya adalah Prof. Andrea Semaničová-Feňovčiková (Technical University in Košice Slovakia), Prof. Somphong Jitman, Ph.D. (Silpakorn University, Nakhon Pathom, Thailand), Prof. Dr. Ir. Marsudi W. Kisworo (Komisaris Independen PT Telkom Indonesia dan Guru Besar Ilmu Komputer, Perbanas Institute, Indonesia), Prof Khalil Ezzinbi (Cadi Ayyad University, Marrakesh) dan Dr. Putranto Hadi Utomo, M.Si. (Universitas Sebelas Maret). Humas UNS

Reporter: Dwi Hastuti

Leave a Reply