FK UNS Selenggarakan Upacara Janji Dokter Muda dan Pra Pendidikan Profesi Dokter

FK UNS Selenggarakan Upacara Janji Dokter Muda dan Pra Pendidikan Profesi Dokter

UNSFakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melaksanakan kegiatan Upacara Janji Dokter Muda dan Pra Pendidikan. Acara dihadiri dan disaksikan oleh Wakil Direktur Pelayanan RSUD Dr. Moewardi Surakarta, Heri Dwi Purnomo, dr., Sp.An.; Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K).; para Plt. Wakil Dekan FK UNS; serta Kepala Program Studi Profesi Dokter FK UNS, Dr. Pepi Budianto, dr., Sp.P(K)., dan sebanyak 146 mahasiswa mengucapkan janji dokter muda.

Kegiatan ini bertempat di Ruang Sekar Jagad Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi Surakarta pada Senin (26/2/2024). Setelah pengucapan janji, perwakilan dari peserta disematkan kartu tanda dokter muda dan menandatangani pakta integritas yang berisi tentang kewajiban dan larangan serta peraturan yang harus dipatuhi selama mengikuti pendidikan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Dalam sambutannya, Plt. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FK UNS, dr. Paramasari Dirgahayu Ph.D. menyampaikan bahwa selain mengucapkan janji dokter muda, para peserta juga akan menjalani kegiatan Pra Pendidikan selama tiga hari pada tanggal 26, 27 dan 29 Februari 2024.

“Kegiatan Pra Pendidikan ini sebagai bekal bagi para peserta sebelum menjalani kegiatan pendidikan dokter muda. Semua kewajiban dan larangan bagi peserta, serta sanksi bagi yang melanggar peraturan, semuanya akan dijelaskan pada kegiatan Pra Pendidikan ini,” terang dr. Paramasari.

Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K). menyampaikan jika selama 4 tahun menempuh pendidikan S1 Kedokteran, para peserta ini hanya dihadapkan pada belajar teori dan praktik skills lab dengan pasien simulasi atau manekin maka pada fase pendidikan dokter muda ini para peserta didik akan menangani pasien secara langsung.

“Anda sekalian sekarang menjalani pendidikan yang sama sekali berbeda dengan saat S1, sekarang anda akan hands on menangani pasien secara langsung. Selain itu anda akan mendapatkan pendidikan yang dulu tidak anda dapatkan yaitu interprofesional education, anda semua akan berinteraksi dengan perawat dengan admin dan sebagainya. Maka dari itu tetap jaga nama baik FK UNS karena sekarang anda tidak lagi berada di lingkungan FK UNS,” pesan Prof. Reviono.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Dr. Moewardi Surakarta, Heri Dwi Purnomo, dr., Sp.An. dalam sambutannya berpesan agar para dokter muda ini bersungguh-sungguh dalam menjalani pendidikan serta menjunjung rasa hormat pada semua pihak yang ada di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

“Mudah-mudahan para dokter muda ini bisa belajar dengan baik, mendapat manfaat, ilmu, skill dari RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Tak lupa saya pesankan agar para dokter muda ini menghormati karyawan, pegawai, pasien, dokter dan semua pihak di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Pasien adalah gurunya bagi anda sekalian, perlakukan dengan baik dan rasa hormat,” ucap dr. Heri.

Pihaknya berharap para dokter muda ini nantinya akan menjadi dokter-dokter yang berkualitas, yang bermutu, bermanfaat bagi masyarakat. Humas UNS

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content