Peringati Dies Natalis ke-48, UNS Gelar Lomba Busana Adat Nusantara

Peringati Dies Natalis ke-48, UNS Gelar Lomba Busana Adat Nusantara

UNS — Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-48, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Lomba Busana Adat Nusantara. Acara digelar di Aula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FKIP) UNS, Rabu (28/2/2024).

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Dies Natalis ke-48 UNS, Prof. Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D. mengatakan, Lomba Busana Adat Nusantara ini digelar dalam rangka untuk memperingati Dies Natalis ke-48 UNS. “Lomba busana adat Nusantara ini diikuti oleh 22 peserta yang berasal dari perwakilan fakultas dan unit yang ada di UNS,” terang Prof. Sutarno.

Sementara itu, Ketua Bidang IX Dies Natalis ke-48 UNS, Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M. Pd. menambahkan, Lomba Busana Adat Nusantara ini dilatarbelakangi bahwa Indonesia merupakan negara multikultural yang besar. Negara dengan beragam budaya, termasuk adat istiadat dan juga busana. “Kita memiliki busana adat Nusantara dengan jumlah bukan hanya ratusan tapi ribuan. Ini harus dirawat bersama dan dilestarikan. Ini menjadi komitmen kami, menyelenggarakan lomba busana adat. Keragaman yang dimiliki ini harus dirawat bersama agar kita tetap bersatu dalam rangka membangun Indonesia menjadi bangsa yang lebih maju,” ujar Prof. Sarwiji.

Untuk peserta Lomba Baju Adat Nusantara ini diikuti oleh seluruh fakultas dan unit yang ada di UNS. “Antusiasme peserta besar, namun karena keterbatasan waktu, panitia membatasi setiap unit atau fakultas hanya ada satu penampilan. Total ada 22 peserta,” imbuhnya.

Dalam lomba tersebut, terdapat tiga juri yang diketuai oleh Bambang Sugiarto. Dengan memperhatikan kriteria lomba yang meliputi bagaimana kelengkapan busana peserta, keserasian, serta penjiwaanya. “Ketiga kriteria itu tidak bisa dipisahkan satu-satu melainkan harus menempel menjadi satu. Dari seluruh peserta yang tambil bagus semua, namun kami hanya mengambil 5 juara,” ujar Bambang.

Juara pertama diraih oleh perwakilan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), kemudian juara 2 diraih oleh perwakilan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), juara 3 diraih oleh perwakilan Fakultas Hukum (FH), juara harapan 1 diraih oleh perwakilan dari FKIP dan harapan ke-2 diraih oleh perwakilan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNS. HUMAS UNS

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content