Berita Terkini

FP UNS Berkomitmen Wujudkan Kampus Sehat

By 18 October 2020 No Comments

UNS – Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berkomitmen untuk mewujudkan UNS sebagai kampus sehat. Hal tersebut dibahas dalam webinar nasional bertajuk ”Go Green to Health Promoting University” pada Sabtu (17/10/2020).

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof. Kuncoro Diharjo, menyampaikan terkait Program Health Promoting University merupakan salah satu upaya promosi kesehatan berbasis lingkungan yang menerapkan pendekatan sosio-ekologis.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menciptakan lingkungan pembelajaran dan budaya organisasi yang meningkatkan derajat kesehatan, kesejahteraan dan kualitas hidup peserta didik, staf maupun masyarakat sekitar sehingga terbentuk komunitas sehat kampus,” terang Prof. Kuncoro.

Mendukung uraian dari Prof. Kuncoro, Dekan FP, Prof. Samanhudi menyampaikan upaya yang sudah dilakukan oleh FP menuju kampus sehat.

Peluncuran program kampus sehat telah dilakukan oleh UNS pada November 2019 lalu. Agenda tersebut juga diikuti dengan rangkaian kegiatan yang mendukung upaya peningkatan kesehatan di kampus, termasuk olahraga, penciptaan lingkungan hijau dan bersih serta pelayanan kesehatan.

Keynote Speaker dalam webinar ini adalah dr. Kirana Pritasari MQIH selaku Direktur Jendral (Dirjen) Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI). dr. Kirana memaparkan salah satu program dari Kemenkes RI yaitu Program Health Promoting University. Beliau menyampaikan bahwa perguruan tinggi merupakan institusi terkemuka di masyarakat yang memiliki peran penting dalam membangun kapasitas sumber daya manusia menjadi pemimpin sosial yang sesuai dan dapat diterima untuk mempromosikan kesehatan masyarakat.

“Untuk itu, universitas dinilai menjadi salah satu institusi besar yang memiliki potensi untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan sivitas akademika dikampus dan masyarakat sekitarnya. Nantinya lulusan universitas akan menjadi tenaga profesional serta pembuat kebijakan yang mampu memberikan pengaruh berarti bagi kesehatan masyarakat,” terang dr. Kirana.

Pembicara selanjutnya yaitu Dosen Fakultas Kedokteran (FK) UNS, dr. Vitri Widyaningsih MS., Ph.D yang memfokuskan pada strategi promosi kesehatan menuju kampus sehat. Kemudian Tawang Sotya Djati perwakilan dari Sinar Mas Peduli memaparkan berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh Sinar Mas Peduli dari Sabang sampai Merauke dan telah bekerja sama dengan stakeholder dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat.

Pembicara terakhir yaitu Dosen FP UNS, Dr. Agung Wibowo. Ia menjelaskan peran mahasiswa dalam mewujudkan kampus sehat maupun mempromosikan pola hidup sehat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN). Disamping itu, Agung juga mendorong organisasi mahasiswa kampus untuk membangun opini dan ikut mempromosikan pola hidup sehat baik di dalam kampus maupun ke masyarakat luas. Humas UNS

Reporter: Ratri Hapsari
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply