Berita Terkini

Gali Nilai Luhur dalam Naskah Nusantara, UPT Perpustakaan UNS Gelar Seminar Literasi

By 2 April 2018 No Comments

UNS – UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta  menggelar seminar nasional dengan tema “Pengembangan Literasi Seni dan Budaya Kreatif Berbasis Nilai-Nilai Luhur dalam Naskah Nusantara”, Rabu (28/03/2018) di Ruang Seminar Gedung Perpustakaan UNS. Seminar ini bertujuan untuk menggali dan memaksimalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam naskah-naskah nusantara khususnya yang ada di Indonesia dengan berbasiskan literasi seni dan budaya kreatif yang dapat dijadikan acuan dan pembelajaran bagi generasi yang akan datang.

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian Dies Natalis UNS ke-42 ini menghadirkan tiga narasumber yaitu, M. Furqon Hidayatullah (Pakar Pendidikan), Hadi S. Topobroto (Praktisi), dan Djoko Nugroho Witjaksono (Kepala Taman Budaya Jawa Tengah). Selain itu, turut hadir Muhammad Rohmadi (Kepala Perpustakaan UNS) sebagai moderator, Sriyanto (Kepala Biro Akademik dan Kerjasama UNS), dan Ir. Sholihin As’ad (Ketua Dies Natalis ke-42 UNS).

“Acara ini bagus untuk memetri budaya jangan sampai ditinggalkan atau dilupakan oleh generasi-generasi berikutnya dengan penetrasi budaya dari mana-mana, eksistensi budaya kita agar tetap bertahan,” jelas  Hadi..

Djoko juga menjelaskan tentang nilai-nilai luhur, pesan moral, ajaran bahkan berbagai pengalaman dan ilmu pengetahuan yang terkandung dalam naskah nusantara yang dapat dijadikan basis pengembangan seni dan budaya kreatif di Indonesia. Disamping itu, Furqon juga menekankan pentingnya menggali lebih dalam mengenai nilai luhur yang terkandung dalam naskah nusantara yang ditelisik dari aspek pendidikan. Humas-red.uns/Can/Isn

Leave a Reply