Berita Terkini

Hadirkan Alumni, HMP Teknik Elektro FT UNS Adakan Talkshow Bertemakan Pascakuliah

By 22 May 2020 No Comments
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

UNS-Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Teknik Elektro, Fakultas Teknik (FT), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan talkshow bertajuk Ngabuburit Bareng Alumni. Kegiatan yang dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan Google Meet ini dimoderatori oleh Daniel Aquino Purba, mahasiswa Teknik Elektro 2016. Pada Sabtu (16/5/2020) pukul 15.30-17.00 WIB, HMP Teknik Elektro menghadirkan Edi Nugroho, S.T. yang bekerja di PT. Adhi Karya (Persero) dan Abid Alim Mustaqim, S.T. yang bekerja di PT. PLN. Keduanya merupakan alumni Teknik Elektro FT UNS angkatan 2014. Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa dari berbagai angkatan dan dosen Teknik Elektro FT UNS.

Ngabuburit Bareng Alumni ini mengusung tema pascakuliah. Yang mana mahasiswa harus siap menghadapi dunia yang sesungguhnya setelah lulus. Materi yang dibawakan antara lain after college activity, recruitment road map, company profile/campus profile, dan daily job ketika berkerja.

Kepala Program Studi Teknik Elektro FT UNS, Feri Adriyanto, Ph.D., menyambut baik kegiatan ini. Ia menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini sangat bagus untuk dilakukan dan perlu dilaksanakan secara rutin.
“Semoga dengan adanya kegiatan ini akan memacu semangat mahasiswa Teknik Elektro FT UNS yang sedang menjalani dan akan menyelesaikan masa studi. Harapannya, mereka dapat memberikan prestasi bagi almamater dan dapat memiliki gambaran tentang bagaimana menghadapi dunia setelah lulus kuliah,” ungkap Feri Adriyanto, Ph.D.

Edi Nugroho, alumni Teknik Elektro FT UNS menyampaikan bahwa menyiapkan diri untuk menghadapi pasca kampus harus dilakukan jauh-jauh hari. Baik untuk melanjutkan pendidikan lagi ataupun bekerja, semuanya harus disiapkan dengan matang.

Salah satunya adalah memahami dengan sungguh-sungguh materi yang disampaikan oleh dosen pada perkuliahan karena sangat berguna di dunia kerja.
“Saya menyesal dulu semasa kuliah belajarnya kurang serius. Banyak materi perkuliahan yang sudah diajarkan kemudian dapat diaplikasikan untuk menyelesaikan pekerjaan saat ini. Pesan saya, belajarlah sungguh-sungguh selagi masih kuliah,” ungkap Edi.

Selain itu, dalam dunia kerja juga harus siap dengan situasi seperti apapun. Termasuk apabila ditempatkan pada bagian yang tidak sesuai konsentrasi atau minat ketika kuliah. Abid mengungkapkan bahwa tidak menutup kemungkinan saat bekerja akan mendapat bidang yang tidak sesuai dengan konsentrasi yang diambil.
“Jadi, kita harus siap ditempatkan di manapun, termasuk jika tidak sesuai dengan minat yang diambil. Dibutuhkan penyesuaian juga, biasanya pada tahap prakerja akan diberi materi atau semacam training terlebih dahulu. Itu bisa kita gunakan sebagai sarana untuk belajar,” ujarnya.

Prodi Teknik Elektro sendiri merupakan Prodi yang paling muda di FT UNS karena baru berdiri sejak 6 tahun silam. Meskipun tergolong muda, namun bukan halangan bagi lulusan Teknik Elektro FT UNS untuk berkarya dalam dunia kerja maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.Humas UNS/Bayu

Leave a Reply