Berita Terkini

Himpuni Gelar Rakernas di UNS Solo

By 10 May 2018 One Comment

UNS – Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia (Himpuni) menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kegiatan tersebut dimulai sejak tanggal 4–6 Mei 2018. Rakernas kali ini mengangkat tema “Percepatan Pendidikan Vokasi untuk Kemajuan dan Kesejahteraan Bangsa”. Rakernas dibuka oleh Ravik Karsidi selaku Rektor UNS dan dihadiri oleh perwakilan alumni dari beberapa PTN di Indonesia. Acara berlangsung di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa Rektorat UNS pada Sabtu (5/5/2018).

Dalam kesempatan tersebut, dikukuhkan anggota baru Himpuni dari tujuh ikatan alumni PTN, yakni Universitas Tanjungpura, Universitas Syiah Kuala, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Teuku Umar, Universitas Terbuka, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Mulawarman. Pengukuhan tersebut dilakukan oleh Ganjar Pranowo selaku Koordinator Presidium II Himpuni. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Eko Sulistyo, Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi, Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, terkait tema rakernas kali ini. Selanjutnya, penjelasan materi rakernas dibagi menjadi tiga kelompok sidang komisi, yaitu komisi organisasi, komisi program kerja, dan komisi rekomendasi.

“Himpuni adalah wadah berhimpunnya organisasi alumni PTN se-Indonesia yang selama tiga tahun berupaya membangun bangsa. Kita bersinergi untuk berkontribusi kepada kemajuan dan kejayaan negara dan bangsa. Pemilihan tema rakernas ini diharapkan Himpuni mampu memunculkan gagasan baru bagaimana mengembangkan bidang vokasi sebagai sarana pengembangan sumber daya kita,” ujar Budi Harto selaku Ketua Panitia Rakernas Himpuni sekaligus Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS.

Ganjar Pranowo selaku Koordinator Presidium II Himpuni sekaligus Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para anggota Himpuni yang telah berkenan hadir pada rakernas ini dan mengajak para peserta rakernas untuk melakukan lompatan guna merespon permasalah dengan cepat memasuki persaingan yang ketat di era revolusi industri 4.0 ini. Gubernur Jawa Tengah tersebut juga mengenalkan Kota Solo sebagai kota yang menyenangkan dengan kondisi sosial politik dan relasi sosial yang sangat bagus.

Para peserta rakernas Himpuni berfoto bersama di depan Gedung dr. Prakosa Rektorat UNS, Sabtu (5/5/2018).

Ravik Karsidi selaku Rektor UNS mengungkapkan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Himpuni yang telah memilih UNS sebagai tempat untuk melaksanakan rakernas. Menurutnya, Himpuni merupakan organisasi yang sangat penting, karena jika selama ini alumni-alumni menonjolkan asal muasal almamaternya, dengan adanya Himpuni ini akan menciptakan kolaborasi dan kesinambungan antarperguruan tinggi yang tentunya saling membutuhkan. Dalam sambutannya, Ravik Karsidi juga mengenalkan UNS yang dirancang sebagai kampus benteng Pancasila dan salah satu kampus hijau di Indonesia.

“Himpuni adalah himpunan alumni universitas negeri se-Indonesia. Saat ini anggotanya sudah 39 universitas negeri dan akan bertambah terus tergantung dari jumlah listing yang ada. Ini adalah presidium kedua. Tahun ini harapannya Himpuni akan lebih kontributif, bersinergis, dan kemudian akan memberikan akselerasi kepada pembangunan yang telah dijalankan oleh pemerintah daerah maupun pusat. Dipilihnya UNS sebagai lokasi rakernas karena UNS menjadi center dari kegiatan-kegiatan di Himpuni, banyak yang aktif di Himpuni, dan kemudian isunya mengenai vokasi,” ujar Arief Budhy Hardono selaku Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI).

Penyambutan para peserta rakernas Himpuni dilakukan pada Jumat (4/5/2018). Rakernas di Kota Solo ini ditutup dengan kegiatan jalan santai bersama para peserta Himpuni di arena Car Free Day (CFD) di Jalan Brigjen Slamet Riyadi, Surakarta, Minggu (6/5/2018). humas.red-uns/Zul

One Comment

Leave a Reply