Berita Terkini

Peduli Kesehatan Respirasi, UNS Gelar Senam Asma

By 10 May 2018 One Comment

UNS – Masih dalam rangkaian Dies Natalies Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta ke-42, UNS menggelar kegiatan Senam Asma bersama untuk kesehatan respirasi, Minggu (6/5/2018).

Bertempat di halaman gedung pusat dr. Prakosa UNS, acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor bidang akademik Sutarno, Ketua Dies Natalies UNS Sholihin As’ad, serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Paramasari Dirgahayu serta para penyandang Asma, masyarakat umum, angota YSI cabang Sukarakta, staf, dan mahasiswa program pendidikan dokter spesialis Pulmonologi FK UNS. Kegiatan ini merupakan hasil dari kerjasama dengan Yayasan Asma Indonesia (YAI) dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Menurut ketua panitia kegiatan, Farih Raharjo, program latihan merupakan sebagian dari keseluruhan program pencegahan dan rehabilitasi. Olahraga dan latihan fisik yang teratur dapat meningkatkan kerja otot termasuk otot penafasan.

“Banyak penderita Asma terutama Asma ringan dan sedang yang mempunyai tingkat kebugaran fisik yang rendah dibandingkan dengan individu sehat. Keadaan tersebut tidak dapat diterangkan  semata-mata oleh derajat beratnya obstruksi jalan napas, mungkin sebagian disebabkan oleh tidak ada motivasi atau keengganan penderita untuk melakukan exercise akibat Asma yang berlangsung lama,” ungkap Farih.  

Selain senam Asma, acara ini juga menggelar konsultasi Klinik Berhenti Merokok, pemeriksaan fungsi paru, Spirometri, pemeriksaan Arus Puncak Ekspirasi, dan konsultasi kesehatan respirasi secara umum.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesehatan respirasi kepada masyarakat pada umumnya, Melakukan pendampingan kepada penyandang Asma di kota Surakarta pada khususnya, dan melaksanakan salah satu Tri Darma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat,” papar Farih. (Humas – red.uns/Ref/Isn)

One Comment

Leave a Reply