ICOPIA UNS Bahas Teknologi Nanoeletronika

UNS – Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Uniersitas Sebelas Maret (FMIPA UNS) Surakarta menghadirkan para ilmuwan dunia dalam “9th Internasional Conference on Physics and Its Applications (ICOPIA)” yang diadakan di Best Western Premiere Solo Baru, Selasa (14/8/2018). Dalam seminar tahun ini, ICOPIA mengusung tema “Nanoelektronika dan Sel Surya”.

“Seminar ini diselenggarakan untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu Fisika dan aplikasinya di dunia internasional,” kata Ketua ICOPIA, Nuryani. Selain itu, menurut Nuryani, seminar ini juga memfasilitasi pertukaran pengetahuan tentang teknologi nanoelektronika. Diketahui sekarang ini perangkat atau alat elektronik semakin kecil dan membutuhkan teknologi nanoelektronika.

Sehingga, ilmuwan di Indonesia juga harus mengikuti perkembangan nanoelektronika.
Apalagi, kata dia, teknologi tersebut diprediksi akan berkembang pesat di Indonesia. “Penduduk Indonesia salah satu yang terbesar. Sekarang juga hampir semua orang membawa alat elektronik. Jadi pasarnya sangat besar sekali,” imbuhnya.

Lebih dari 200 peserta tampak antusias mengikuti seminar ICOPIA yang ke-9 ini. Mereka para peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia (UI), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Gadjah Mada (UGM) serta Institut Teknologi Bandung (ITB).

Acara ini menghadirkan dua pembicara internasional yaitu Prof. Osamu Nakatsuka dari Nagoya University, Jepang dan Prof. Mohd. Yusri Abd. Rahman dari Malaysia Assoc. Prof Osamu membawakan materi tentang nanoelektronika sedangkan Prof. Yusri menyampaikan tentang pengembangan sel surya.

Makalah seminar 9th ICOPIA ini nantinya akan dipublikasikan oleh Institute of Physics (IOP) pada Journal of Physics Conference Series yang masuk dalam index SCOPUS. HUMAS UNS

By | 2018-08-15T18:44:59+00:00 15 August 2018|Categories: Berita Terkini|