Ingin Tahu Strategi Sukses Masuk UNS, Simak Ulasan Berikut ini

UNS — Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar webinar series dengan mengusung tema ‘Strategi Sukses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) 2021’. Acara dilaksanakan secara daring melalui siaran langsung akun YouTube channel Universitas Sebelas Maret pada Senin (18/1/2021).

Acara dibuka dengan sambutan Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M. Hum. Dalam sambutannya, Prof. Jamal berharap, dengan adanya webinar ini dapat memberikan pemahaman dan informasi kepada para guru dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) terhadap UNS yang menjadi partisipan dalam acara ini.
“Dengan adanya rangkaian webinar ini, saya berharap adik-adik siswa SMA dan Bapak Ibu Guru memiliki pemahaman informasi yang sama dan benar, sehingga dapat mempersiapkan seleksi masuk ini secara maksimal. Di samping itu, para siswa dan guru juga lebih mengenal UNS dengan baik,” tutur Prof. Jamal.

Webinar ini menghadirkan 4 pembicara yakni Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., Prof. Dr. Hadiwiyono, M. Si., Widiyanto, S.P., M. Si., Ph.D., dan Rory Asyari, M.A. dengan dimoderatori oleh Dr. Intan Novela QA. Setelah sambutan Prof. Jamal, pemaparan materi disampaikan oleh Prof. Yunus yang menunjukkan keunggulan UNS. Prof. Yunus mengatakan bahwa semenjak 6 Oktober 2020, UNS sudah menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Selain itu, UNS masuk klaster 1 atau klaster utama dari 11 Perguruan Tinggi (PT) terbaik di Indonesia, di BAN-PT UNS telah terakreditasi A. Ada pun, dalam reputasi internasional, menurut QS Asia menduduki peringkat 401-450.

Selain itu, UNS juga membuat kurikulum yang berorientasi masa depan dan global. Fasilitas pembelajaran di UNS juga berstandar internasional. Pada pandemi ini, sudah disiasati dengan system aplikasi daring seperti Open Course Ware (OCW) dan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA). Prof. Yunus juga menjabarkan beasiswa dan Program Studi (Prodi) apa saja yang tersedia di UNS.

Selanjutnya, penjelasan dilanjutkan oleh Prof. Dr. Hadiwiyono, M. Si. selaku Sekretaris Eksekutif SPMB UNS yang menunjukkan tingkat keketatan memasuki UNS. Di sini, Prof. Hadiwiyono juga berpesan, ketika ingin menentukan Prodi pilihan pastikan ketahui bakat, minat, dan harus realistis.
“Ketika adek-adek ingin memilih Prodi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni harus sesuai bakat, minat, dan tentunya harus realistis,” ujar Prof. Hadiwiyono.

Sesi berikutnya dilanjutkan oleh Widiyanto, Ph.D. yang merupakan Deputi Program Sarjana SPMB UNS. Ia menjelaskan mengenai proses masuk UNS secara detail. Terdapat 3 jalur yang dapat ditempuh siswa SMA untuk masuk UNS yakni melalui SNMPTN dengan kuota minimum 20%, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) dengan kuota minimum 30%, dan jalur Seleksi Mandiri dengan kuota maksimum 50%.

Sesi terakhir disampaikan oleh Rory Asyari, M.A. yang merupakan seorang independent journalist sekaligus entrepreneur. Rory berkisah mengenai perjalanan Pendidikan yang telah ia laksanakan di UNS. Ketika di UNS, Rory mengambil Prodi Ilmu Komunikasi. Selain itu, Rory juga menuturkan ketika menjadi mahasiswa, usahakan sudah tahu apa tujuan yang ingin dicapai. Tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri namun juga orang lain. Humas UNS

Reporter: Zalfaa Azalia Pursita
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content