UNS – Pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada tahun 2017 terus mengalami peningkatan setiap tahun. Berdasarkan rekapitulasi panitia pusat SNMPTN-SBMPTN 2017, jumlah peserta ujian SBMPTN mencapai 797.023 peserta. Angka ini dipengaruhi dengan bertambahnya jumlah PTN yang bergabung pada tahun ini.

SBMPTN 2017

Dengan daya tampung sebesar 128.085 yang tersebar di 85 PTN di seluruh Indonesia, maka satu kursi di PTN diperebutkan oleh 6 pendaftar yang terbagi dalam dua kelompok pilihan yakni Reguler dan Bidikmisi. Peserta yang memilih jalur Computer-Based Test (CBT) sebanyak 20.860 peserta. Jumlah ini jauh lebih kecil dibandingkan peserta yang memilih jalur Paper-Based Test (PBT) yakni 776.163 peserta.

Pada jumpa pers yang digelar Rabu (10/5/2017), Ravik Karsidi selaku ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN 2017 dan juga rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyampaikan bahwa hal ini dikarenakan jalur CBT baru diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun ini. Ia juga menghimbau para peserta untuk memperhatikan lokasi dan ruang ujian sesuai dengan kartu ujian yang telah dicetak.

“Para peserta diharapkan cek lokasi sehari sebelum tes dilakukan baik tes tulis maupun tes keterampilan. Untuk panitia lokal 44 Surakarta, tes diselenggarakan di lokasi yang mudah dijangkau oleh para peserta yakni di UNS, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, SMP dan SMA di Surakarta,” imbuhnya. humas-red.uns/Dty