Kerjasama dengan FT UNS, Mahasiswa Rotterdam Teliti Banjir

UNS – Dua mahasiswa asal University of Rotterdam melakukan penelitian tentang permasalahan banjir di Solo. Nigel Diersk dan Rowdy Wesley adalah mahasiswa yang sedang menjalankan riset kolaborasi program magang antara University of Rotterdam dengan Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Nigel Diersk dan Rowdy Wesley, dua mahasiswa asal University of Rotterdam melakukan penelitian tentang permasalahan banjir di Solo bekerja sama dengan FT UNS

Keduanya telah melaksanakan penelitian selama 4 bulan di bawah bimbingan dosen FT UNS yaitu Kusumaningdyah Nurul Handayani, RR Rintis Hadiani, dan Sholihin As’ad. Disamping itu, mereka juga bekerja sama dengan Raden Belva mahasiswa Program Studi (Prodi) Arsitektur dan Nisrina Nurafifah mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dari FT UNS.

Nigel dan Rowdy menjelaskan bahwa mereka tertarik untuk meneliti banjir tahunan dan sampah di Kampung Sewu dan Kampung Mipitan, Solo karena daerah tersebut sering dilanda banjir. Sebagai solusi dari hasil penelitian, keduanya merekomendasikan penggunaan penyimpanan air (water storage) di sekitar daerah banjir.

Lebih lanjut, Dekan FT UNS, Sholihin As’ad menyampaikan bahwa ini merupakan program internship tahun ke-2 antara FT UNS dan University of Rotterdam.

“Kami berharap program ini akan terus berjalan. Sehingga, antara mahasiswa UNS, dosen UNS, dan dosen University of Rotterdam dapat saling bekerja sama dalam melakukan riset sehingga akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” tutur Sholihin. Humas-red.uns/Can/Isn

By | 2018-01-11T13:11:24+00:00 January 11th, 2018|Categories: Berita Terkini|