Kolaborasi Apik Voca Erudita UNS dan ICGC Meramaikan Classical Guitar Concert Road to Japan

UNS – Voca Erudita UNS meramaikan konser gitar klasik ICGC Road to Japan 2018 di Gedung Pascasarjana UNS (11/05/2018.) Mereka hadir sebagai guest star untuk berkolaborasi dengan para gitaris klasik dari ICGC (Indonesia Classical Guitar Collective) dengan membawakan lagu Bengawan Solo karya Gesang.

Konser ini merupakan kerjasama antara ICGC dengan Voca Erudita UNS yang ditujukan sebagai ajang uji coba para gitaris muda Indonesia yang akan berlaga untuk pertama kalinya di kompetisi bergengsi Japan Internasional Ensemble Guitar Festival ke-30 di Tokyo bulan Juni mendatang. Selain sebagai ajang uji coba, konser ini juga diselenggarakan sebagai penggalangan dana untuk biaya para gitaris muda ini berangkat ke negeri sakura.

Pembukaan konser ini disampaikan oleh pembina Voca Erudita, Susi Sumartini dan Yanuar Nugroho dari Deputi II Kepala Staff Kepresidenan Bidang Kajian dan Pengelolaan Program Prioritas. Sambutan pertama disampaikan oleh Susi Sumartini yang menyampaikan rasa terimakasihnya kepada panitia karena memberikan kesempatan Voca Erudita untuk tampil sebagai guess star di acara tersebut. Sambutan kedua disampaikan oleh Yanuar Nugroho yang berharap masyarakat Indonesia untuk mendukung para gitaris muda yang berbakat ini dalam bentuk finansial maupun semangat untuk bisa sukses unjuk gigi di Jepang pada bulan Juni mendatang.

Para anggota Voca Erudita dan gitaris ICGC berkolaborasi membawakan lagu Bengawan Solo karya almarhum Gesang.

Acara berlangsung meriah dengan penampilan dari para gitaris klasik yang tampil bergantian dalam formasi single, duet dan quarted membawakan instrumen gitar berbagai lagu dalam negeri maupun luar negeri. Kemeriahan terasa lengkap dengan penampilan Voca Erudita yang membawakan lagu Paris Berantai karya H. Anang Ardiansyah. Pada penampilan terakhir, acara ditutup dengan kolaborasi indah dari paduan suara Voca Erudita dan petikan gitar para gitaris klasik lewat lagu Bengawan Solo karya almarhum Gesang.

“Walaupun persiapan kami hanya dua minggu, namun kami bisa berkolaborasi dengan baik. Permasalahannya hanya suara gitar kami yang masih sedikit tertutupi dengan suara para penyanyi. Tapi overall semuanya lancar, dan kami puas. Kami berharap konser uji coba ini membuat persiapan kami semakin matang kedepannya,” jelas Roby, salah satu gitaris dari ICGC.
“Kolaborasinya berjalan lancar. Kolaborasi ini adalah pertama kalinya, sebelumnya belum pernah konser kami diiringi pemain gitar sebanyak itu. Saya merasa ini adalah hal yang sangat baru buat kami,” jelas Candra selaku ketua Voca Erudita UNS.

Candra juga berharap ajang uji coba ini bisa mempererat hubungan Voca Erudita dengan ICGC dan tentunya sebagai anak muda bangsa mendukung agar mereka bisa menjuarai kompetisi di Jepang dan mengharumkan nama bangsa disana. humas-red.uns/Ysf/Dty

By | 2018-05-16T11:07:26+00:00 16 May 2018|Categories: Berita Terkini|