Kunjungi UNS, Lulusan Miho Gakuen High School Jepang Belajar Bahasa dan Budaya Indonesia

UNS – Menindaklanjuti pelaksanaan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan Miho Gakuen High School Jepang (salah satu SMA di Jepang), sebanyak delapan siswa yang baru saja lulus dari Miho Gakuen High School Japan mengunjungi UNS untuk mengenal kampus pada Rabu (9/5/2018). Mereka dijadwalkan akan belajar di UNS pada bulan Agustus 2018 mendatang.

Ada beberapa tempat di UNS yang dikunjungi oleh kedelapan siswa tersebut, yakni International Office (IO) UNS, Museum UNS, serta asrama mahasiswa UNS. Mereka didampingi oleh Murni Ramli (Deputi International Office UNS), Masakatsu Tozu (Professor emeritus Kokushikan University Japan), beberapa staf IO UNS, serta Takanobu Shina (mahasiswa Pascasarjana UNS dari Jepang). Menurut Tozu, siswa-siswa tersebut akan belajar tentang Bahasa Indonesia dan budaya di UNS.

“Mereka memilih untuk kuliah di UNS karena mereka tertarik dengan budaya dan Bahasa Indonesia. Selain itu, mereka adalah pemain Taiko selama di SMA, yang merupakan drum tradisional Jepang. Sehingga, belajar kebudayaan memang sudah menjadi minat mereka,” jelas Tozu.

Para siswa ketika mengunjungi Museum UNS

Menurut keterangan Murni, para calon mahasiswa UNS dari Jepang tersebut melalui MoU antara UNS dan Miho Gakuen akan mendapatkan beasiswa Darmasiswa dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia selama mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Selain belajar Bahasa Indonesia, mereka bebas untuk mengikuti pembelajaran kelas maupun kegiatan mahasiswa UNS. humas-red.uns.ac.id/Tni/Dty

By | 2018-05-15T13:50:31+00:00 15 May 2018|Categories: Berita Terkini|