Mahasiswa UNS Juarai Peksiminas 2012

UNS untuk pertama kali berhasil menjuarai Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2012 yang berlangsung di Mataram, Minggu-Rabu (1-4/&/2012). Kontingen Jawa Tengah (Jateng), termasuk UNS di dalamnya, berhasil keluar sebagai Juara Umum. Jateng membukukan empat Emas dan Empat Perak dalam perlbagai jenis lomba seni.

“Jateng memang juara bertahan untuk Peksiminas. Disusul dengan Provinsi Jawa Timur dan DKI Jakarta,” ungkap Ketua Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Jateng, Drs. Dwi Tiyanto, SU, Jumat (6/7/2012), di kantor Humas UNS.

Pria yang juga menjabat Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan UNS tersebut mengatakan, Jateng meraih empat Emas dalam perlombaan Tari Garapan, Seni Lukis, Monolog, dan Dangdut Putra. “Untuk Tari Garapan dan Seni Lukis yang mendapat adalah mahasiswa UNS. Sedang Monolog mahasiswa ISI Solo dan Dangdut Putra dari Universitas Stikubank (Unisbank) Semaranng,” kata Dwi.

Sementara itu, peraih perak dimenangkan oleh Keroncong Putra UNS, Vocalgroup dari Universitas Kristen Satya Wacaa (UKSW), lomba foto hitam putih oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), dan lomba foto berwarna dari ISI Solo.

Dwi mengakui, selamai ini Jateng merupakan juara bertahan. Namun, tahun ini lebih istimewa karena mahasiswa UNS untuk kali pertama bisa lolos tingkat nasional dan bahkan meraih dua Emas dan satu Perak. Sehingga ini sangat membanggakan, meski UNS bukanlah Perguruan Tinggi Seni.

Peksiminas merupakan agenda dua tahunan. Untuk mengikuti Peksiminas, peserta harus lolos seleksi di tingkat daerah dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida). Juara I Peksimiida lalu dikirim untuk mengikuti Peksiminas.[]

Skip to content