Search
Close this search box.

Mahasiswa UNS Raih Medali di Asian Para Games Hangzhou 2022

UNS — Prestasi internasional kembali dicetak oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Mereka adalah Ni Made Arianti Putri, Sri Sugiyanti, Nanda Mei Sholihah, dan Karisma Evi Tiarani. Keempat mahasiswa tersebut berhasil meraih medali dalam ajang Asian Para Games Hangzhou 2022.

Ni Made Arianti Putri yang merupakan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS membawa pulang dua medali ke Indonesia. Ia meraih medali emas cabang olahraga (cabor) para atlethic pada nomor Women’s 100m T12. Kala itu, medali emas Ni Made merupakan medali emas ketiga bagi Indonesia.

Ni Made meraih posisi pertama dan juga memecahkan rekor Asian Para Games dengan catatan waktu 12.52 detik. Ia mengalahkan catatan waktu atlet asal India, Shimran, di posisi kedua (12.68 detik) dan atlet asal China, Shen Yaqin, di posisi ketiga (12.78 detik).

Medali perak diraih Ni Made di cabor Para Atlethic pada nomor Universal Relay 4x100m. Bersama rekan tim di nomor ini, Ia meraih posisi kedua dengan catatan waktu 47.23 detik. Catatan waktu ini mengungguli tim Jepang di posisi ketiga dengan catatan waktu 48.15 detik.

Berikutnya, Sri Sugiyanti yang merupakan Mahasiswa FKIP UNS membawa pulang 3 medali ke Indonesia. Debutnya di ajang ini berhasil meraih medali perak dalam cabor Para Cycling melalui nomor Women’s B 3000m Individual Pursuit. Sri meraih posisi kedua dengan catatan waktu 3:50.970. Ini merupakan raihan awal Sri yang selanjutnya meraih dua medali emas di nomor lain.

Sri kemudian berhasil meraih medali emas dalam cabor yang sama pada nomor Women’s B 21Km Time Trial. Ini merupakan medali emas ke-8 Kontingen Indonesia dalam Asian Para Games Hangzhou 2022. Sri meraih posisi pertama dengan catatan waktu 27:57.95. Kemenangan ini diraih usai mengalahkan atlet China, Wang Linhua, di posisi kedua (28:52.31) dan atlet Malaysia, Nur Azlia Syafinaz Mohd Zais, di posisi ketiga (29:19.38).

Medali emas kedua milik Sri diraih dalam cabor ini melalui nomor Women’s B Road Race. Ini merupakan emas ke-20 Kontingen Indonesia dalam Asian Para Games Hangzhou 2022. Sri menempati posisi pertama dengan catatan waktu 1:59:23.

Nanda Mei Sholihah yang merupakan Mahasiswa Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS meraih medali perak di cabor Para Atlethic pada nomor Universal Relay 4x100m. Bersama Ni Made dan rekan tim lainnya di nomor ini, Ia meraih posisi kedua dengan catatan waktu 47.23 detik. Catatan waktu ini mengungguli tim Jepang di posisi ketiga dengan catatan waktu 48.15 detik.

Karisma Evi Tiarani yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS berhasil meraih medali perak di cabor Para Athletic pada nomor Women’s 100m T63/64. Kharisma meraih posisi kedua dengan catatan waktu 14:37 detik. Ia berhasil mengungguli atlet Myanmar, Law Lar Win, diposisi ketiga dengan catatan waktu 15:02 detik.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., mengaku bangga atas capaian para mahasiswa. Mereka berhasil mengharumkan nama UNS dan Indonesia di level internasional. Raihan medali ini juga menjadi keberhasilan UNS mengimplementasikan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi yang kedua, yakni Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus.

“Itu suatu prestasi yang luar biasa karena levelnya internasional sehingga bisa mengangkat nama baik UNS di level nasional dan dunia. Prestasi ini juga menjadi pencapaian dalam implementasi IKU 2,” tutur Prof. Yunus, Jumat (3/11/2023).

Beliau turut berpesan agar kabar bahagia ini dapat menjadi motivasi dan semangat mahasiswa lain untuk ikut berprestasi.

Humas UNS

Reporter: R. P. Adji

Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content