UNS – Mahasiswi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menjadi salah satu penerima beasiswa Panasonic. Carina Intan Permatasari, mahasiswi program studi Teknik Industri angkatan 2014, menjadi satu di antara 7 mahasiswa beruntung yang menerima beasiswa untuk periode tahun ini. Bantuan sebesar Rp 15 juta per semester, atau Rp 30 juta per tahun, diraihnya setelah melalui berbagai seleksi tahap.

Beasiswa Panasonic

Acara penyerahan beasiswa yang dilakukan di Pana Hall, PT. Panasonic Manufacturing Indonesia, Jakarta, pada Kamis lalu (27/7/2017)

Dr. Sholichin As’ad selaku Dekan Fakultas Teknik UNS mengungkapkan bahwa seleksi yang dijalani Carina meliputi evaluasi awal, presentasi hingga wawancara berbahasa Inggris. Sholichin menambahkan, penghargaan beasiswa Panasonic tersebut didapat Carina setelah dinyatakan menang seleksi bersama tujuh mahasiswa lainnya yang berasal dari ITB, UI, UGM, Undip, dan Universitas Darma Persada.

Menurut Carina, salah satu persiapan untuk menghadapi seleksi dilakukan dengan mempelajari aplikasi terapan terkini di bidang teknik industri. Berbagai pengalaman riset di laboratorium sistem logistik dan bisnis turut membantu kesiapan Carina dalam proses seleksi. Saat wawancara, pertanyaan yang diajukan yakni seputar pengetahuan umum tentang Panasonic, kelebihan dan kekurangan tiap peserta, serta harapan peserta lima tahun ke depan.

“Pengalaman riset dengan dosen di laboratorium sistem logistik dan bisnis, menulis karya ilmiah dan presentasi di suatu konferensi, serta aktif mencari dari berbagai referensi sangat membantu saya untuk menjawab beberapa pertanyaan saat wawancara,” ungkap Carina. humas-red.uns/Oss/Eln