UNS – Sebelas mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (FKIP UNS) akan diberangkatkan ke luar negeri untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Dalam rangka meningkatkan daya saing lulusan di tingkat global, para mahasiswa FKIP UNS akan praktik mengajar di Thailand dan Filipina.

PPL Internasional

Acara pelepasan PPL internasional di FKIP UNS pada Jum’at (28/7/2017). Tampak Dekan FKIP, Joko Nurkamto (kiri) dan Egy Adhitama (kanan)

Kesebelas mahasiswa akan dikirim ke berbagai sekolah mitra pada Program Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project) Batch IV, dimulai dari 7 Agustus hingga 5 September 2017 mendatang.

FKIP UNS sudah mengirimkan 6 mahasiswa pada Juli 2016 (batch II) dan 9 mahasiswa pada Januari 2017 (batch III). Di sisi lain, UNS juga memberikan beasiswa Global Challenge 2017 kepada 3 mahasiswa FKIP untuk PPL ke Taiwan mulai Oktober mendatang.

Dalam acara pelepasan mahasiswa PPL Internasional di FKIP UNS pada Jumat lalu (28/7/2017), Munawir Yusuf selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, mengemukakan program SEA-Teacher Project yang dilaksanakan FKIP UNS turut dikoordinasikan dengan Sekretariat SEAMEO (South East Asian Minister of Education Organization).

“Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan mengajar bagi mahasiswa calon guru sekaligus mendorong penguasaan bahasa Inggris,” ujar Munawir dalam sambutannya.

Munawir menambahkan, adanya kegiatan PPL Internasional tersebut sejalan dengan visi UNS menuju World Class University (WCU). Sebagai timbal balik, UNS juga menerima sejumlah mahasiswa asing untuk melakukan PPL. Mahasiswa dari Filipina dan Thailand akan mengajar di beberapa sekolah, dengan rincian SMPN 1 Solo sebanyak 4 mahasiswa, dan TK Pembina Solo sebanyak 3 mahasiswa.

Dua mahasiswa FKIP sekaligus mahasiswa berprestasi tingkat fakultas, Egy Adhitama dan Febriati Dian Mubarokah, mengungkapkan persiapan mereka sebelum berangkat. Selama hampir sebulan, mereka mempersiapkan kemampuan bahasa, materi yang akan diajar, ilmu berkaitan dengan pedagogi. hingga budaya lokal. humas-red.uns/Oss/Dty