Manfaatkan Teknologi, UNS Raih Peringkat 6 Terbaik Indonesia Versi Webometrics

UNS – Setelah sehari sebelumnya meraih peringkat 3 di skala nasional versi uniRank (sebelumnya 4ICU), kali ini lembaga pemeringkatan internasional lain, yaitu Webometrics menempatkan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta di urutan ke-6 sebagai universitas terbaik di Indonesia 31/07/2018.

Webometrics merupakan lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol yang melakukan rilis peringkat universitas terbaik di seluruh dunia yang tergolong dalam World Class University. Lembaga ini menilai kemajuan sebuah universitas berdasarkan websitenya.

Pertimbangan lainnya juga berdasarkan berbagai kegiatan ilmiah yang ditopang oleh proses terwujudnya tri dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat), dengan penguatan tatakelola infrastruktur yang terintegrasi dalam kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal ini dapat dilihat dari suasana akademik yang sehat, manajamen tatakelola institusional yang baik, serta mutu mahasiswa yang berprestasi yang kemudian terwakilkan dengan bibliometrik dari universitas.

UNS sebagai universitas yang berproses menjadi World Class University, tentunya dengan baik mengimplementasikan syarat-syarat tersebut dengan konten-konten publikasi yang tersaji melalui website. Lebih dari 27.000 perguruan tinggi di seluruh dunia mengikuti penilaian ini. Webometrics mengapresiasi UNS untuk berada pada peringkat ke-6 di Indonesia, 474 di tingkat Asia dan 1627 di tingkat dunia. Dimana pada Juli 2017 berada di urutan ke-9 nasional, 791 di Asia, dan 2363 di dunia.

Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi sivitas academica UNS. Peringkat tersebut membuktikan bahwa UNS juga bisa bersaing menjadi kampus yang maju dengan memanfaatkan teknologi serta punya posisi yang baik di level nasional maupun internasional.

“Sudah barang tentu kabar peringkat bergengsi yang telah resmi dirilis oleh dua lembaga pemeringkat internasional, di era pesatnya komunikasi digital, menjadi kebanggaan seluruh sivitas academica hingga para alumnus UNS,”  ucap Ravik Karsidi, Rektor UNS sang nahkoda yang juga sebagai alumni UNS sesaat ketika dihubungi oleh pengurus pusat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS).

Ravik menambahkan, bahwa pencapaian ini merupakan buah kerja keras bersama oleh seluruh sivitas akademika UNS, bersama-sama dengan stakeholder baik internal maupun eksternal, warga kampus, IKA UNS bersama seluruh alumni yang pernah mengenyam bangku kuliah di kampus kebanggaan, Universitas Sebelas Maret agar kampus tercinta ini menjadi semakin maju dan mendunia.  Humas-red.uns/Ysp/Isn

By | 2018-08-08T10:43:56+00:00 05 August 2018|Categories: Berita Terkini|