Peringkat Naik, UNS Jadi Kampus ke-3 Terbaik di Indonesia Versi UniRank

UNS – Selalu di posisi sepuluh besar universitas terbaik di Indonesia, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, pada Senin, (30/7/2018) dengan mantap bertengger di urutan ketiga nasional. Peringkat ini disematkan oleh lembaga pemeringkat Internasional uniRank yang sebelumnya bernama Internasional 4 International Colleges and Universities (4ICU).

UniRank (sebelumnya 4ICU) sendiri merupakan lembaga internasional pemeringkat ranking perguruan tinggi yang juga melakukan review berdasarkan kepopuleran website dengan penguatan tatakelola infrastruktur yang terintegrasi dalam kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal ini dapat dilihat dari suasana akademik yang sehat, manajamen tatakelola institusional yang baik, dengan mutu mahasiswa yang berprestasi, serta manajemen pengelolaan penguatan publikasi atas kinerja tri dharma, yaitu pendidikan, penelitian, dan pegabdian kepada masyarakat yang diikuti oleh 11.606 perguruan tinggi terakreditasi di seluruh dunia dan tersebar di 200 negara.

UNS sebagai salah satu perguruan tinggi yang sangat diperhitungkan di skala nasional, bahkan internasional, kali ini menempati posisi ke-3 di tingkat nasional, Asia berada di urutan 120 dalam Top 200 Universities in Asia, dan 588 dari universitas seluruh dunia. Dimana pada Juli 2017 berada di urutan ke-5 nasional, 111 di Asia, dan 717 di dunia.

Prestasi kampus besar yang terletak di Kota Solo ini tidaklah diraih dengan mudah karena bersaing dengan banyak kandidat lain yang notabene juga merupakan kampus besar. UNS bahkan mampu melampaui universitas besar dan lebih senior lainnya. Pencapaian ini dirasa pantas karena UNS selama ini telah bersaing secara baik untuk terus meningkatkan mutu penerapan tri dharma perguruan tinggi, yaitu peningkatan kualitas mutu di bidang pendidikan, penelitian dan tentunya pengabdian masyarakat.

“Ini keberhasilan bersama dan semua pihak sebagai perwujudan moto UNS BISA yang merupakan kepanjangan dari Budaya kerja UNS Active, Internasionalisasi, Sinergi, dan Akselerasi”, ujar Ravik Karsidi selaku Rektor UNS.

Lebih lanjut, Ravik menyatakan bahwa “pencapaian ini, merupakan hasil kerja keras seluruh sivitas akademika UNS, kepedulian, perhatian, dan pengembangan yang lebih luas untuk UNS dari Ikatan Alumni UNS (IKA UNS) serta alumni yang tersebar luas baik di dalam dan luar negeri, stakeholder internal dan eksternal. Semuanya perlu dipertahankan agar UNS tetap menjadi kampus terbaik dan semakin baik kedepannya, sehingga menjadi tujuan dan harapan masa depan yang bermutu dan berkualitas”.  Humas- red.uns/Ysp/Isn

By | 2018-08-08T09:26:28+00:00 05 August 2018|Categories: Berita Terkini|