Berita Terkini

Melalui Heyyou Social Project, Alumni FH UNS Adakan Webinar Pascakampus

By 12 January 2021 No Comments

UNS — Heyyou Social Project yang diinisiasi oleh Alumni Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan webinar pascakampus. Kegiatan tersebut diadakan pada Sabtu (9/1/2021) melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Melalui tema Life After Campus: Tentukan Arah Sebelum Dapat Ijazah, Heyyou menghadirkan tiga narasumber yaitu Hikmah Bima, Aditya Very, dan Yahya Ayyasy yang merupakan alumni UNS.

Pembicara pertama, Hikmah Bima Odityo membahas tentang Study Abroad With Scholarship. Dalam uraiannya tersebut, dia menceritakan tentang motivasinya untuk studi lanjut, apa saja yang harus dipersiapkan, rekomendasi beasiswa, dan cara beradaptasi di luar negeri.

“Motivasi saya buat memilih lanjut S-2 yaitu ingin bermanfaat untuk orang lain dan mencari ilmu lebih luas lagi. Sebelum lanjut S-2, saya tergabung dalam proyek sosial masyarakat di sebuah Lembaga Bantuan Hukum (LBH),” jelasnya.

Keputusannya melanjukan studi di luar negeri juga karena melihat di Indonesia masih banyak masyarakat yang tertindas dan terjadi ketimpangan. Sehingga membuat Bimo mengambil studi dengan konsentrasi bagian Hak Asasi Manusia di Lancaster University.

Pembicara kedua yaitu Aditya Very Cleverina, membahas tentang Fresh Graduate Career. “Setiap orang ada harapan yang akan berbuah dan tentunya akan bermanfaat bagi orang tersebut,” ucap Aditya dalam mengawali materi.

Selain itu, Ia juga menjelaskan tentang pilihan karier yang akan diambil oleh para fresh graduate.
“Buat teman-teman yang mau lanjut studi, penting banget buat ambil jurusan yang linier dengan jurusan saat S-1. Kemudian, usia 20-an saat ini adalah waktu yang tepat untuk membuat dan membangun hal dalam karier, keluarga, atau apapun itu. Setiap orang punya kesempatan yang sama, maka jangan pernah pesimis dengan seseorang yang telah mencapai impiannya. Bisa saja tahun selanjutnya kalian akan memiliki level yang lebih tinggi. Jangan pernah sesali masa lalu, buatlah yang terbaik untuk masa kini dan berdoa semoga impian kalian dimudahkan,” ungkapnya kembali.

Pembicara terakhir yaitu Muhammad Yahya Ayyasy Alhaafidzh. Dalam pembahasannya dia menguraikan tentang Start A Successful Business Before 20 years old. Dia memberikan kiat-kiat agar hidup para anak muda ini dapat mencapai impiannya. Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa seharusnya pemuda saat ini sudah melek financial, memahami investasi, memiliki koneksi yang luas dan dapat berkolaborasi dengan orang-orang yang memiliki power, serta yang paling penting yaitu hidup sehat.

Ayyas juga membagikan tips dalam membangun bisnis dengan modal kecil.
“Semua hal yang kita punya termasuk fisik kita yang sempurna itu sudah menjadi awal modal kita. Hanya bagaimana kita bisa menciptakan cara dan peluang untuk memanfaatkan modal kita tadi. Paling penting modal itu bukan uang tapi niat dan ide,” terangnya.

Sebagai penutup, Ayyas memberikan kiat agar bisa sukses di usia muda.
“Jangan hanya gantungkan ke satu sumber saja. Carilah sumber kedua, ketiga, dan seterusnya. Orang muda itu ibarat matahari jam 12, paling terang, paling panas, paling membara. Maka jangan buat masa muda kita tanpa karya,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Leave a Reply