Berita Terkini

Metamorphosa X SKI FK UNS: Refleksi Diri Seorang Muslim

By 7 May 2019 No Comments

UNS – Metamorphosa kembali digelar untuk kesepuluh kalinya oleh Sentra Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Kedokteran (FK) UNS di Aula Gedung F Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Sabtu (4/5/2019). Kali ini, Metamorphosa mengangkat tema Who am I: Back to Muslim Identity dengan harapan para peserta yang hadir dapat kembali menguatkan identitas kemuslimannya yakni bagaimana menjadi muslim yang sesungguhnya.

“Dengan tema tersebut harapannya dapat menjadi sarana bagi kita, muslim yang hadir di sini, merefleksikan diri. Untuk apa sebenarnya kita hidup, untuk apa kita menjadi muslim. Sehingga kita keluar dari ruangan ini mendapat motivasi hidup untuk menjawab bahwa kita adalah muslim dan mukmin yang akan terus hidup dengan berislam dan beriman,” ujar Ketua Umum SKI FK UNS, Kayyis Hawari.

Sementara itu, Perwakilan Dekanat FK dr Muchtar Hanafi mengatakan, bahwa adanya bonus demografi dan revolusi industri 4.0 saat ini merupakan tantangan bagi umat muslim.

“Hal ini merupakan tantangan besar bagi kita, umat muslim, untuk meneliti hal-hal baik dan tidak jauh dari nilai Islam,”  tutur dr. Muchtar Hanafi dalam sambutannya.

Sementara itu, Zaky Ahmad Rivai, salah satu pembicara, menjelaskan bagaimana pemuda millenial harus berkontribusi bagi peradaban.

“Kita suka mengomentari hal-hal yang belum kita alami dengan mudah. Seolah-olah hal tersebut mudah untuk dilakukan. Misalnya waktu kecil kita bermimpi jadi ini jadi itu. Realitanya untuk mencapai itu semua tidak mudah. Tapi memang pemuda itu menawarkan masa depan, yang belum tahu akan dilalui seperti apa. Yang terpenting adalah prinsip dalam menjalankan itu semua, kita juga harus kuat jasmani dan pikirannya. Menguasai banyak hal. Caranya bisa dengan banyak membaca, dengan membaca kita dapat menjelajah lebih jauh daripada raga kita. Lalu perbanyak melakukan perjalanan juga tambah pertemanan,” jelas Zaky yang merupakan seorang penulis ini. Humas UNS/ Kaffa

Leave a Reply