UNS – Sebagai bentuk layanan Universitas Sebelas Maret bagi mahasiswa baru, International Office mengadakan rangkaian kegiatan orientasi yang terpisah bagi para mahasiswa asing pada Rabu (6/9). Setelah sebelumnya dikenalkan dengan lingkungan kampus, puluhan mahasiswa asing diajak berkeliling di kota Solo.

Orientasi Mahasiswa Asing UNS 2017

Mahasiswa asing mendengarkan penjelasan dari staff International Office UNS

Dalam kegiatan itu mereka diperkenalkan berbagai rute angkutan umum hingga berjalan kaki menyusuri city walk di Jalan Slamet Riyadi. Mereka juga diperkenalkan sejumlah tempat bersejarah seperti Taman Sriwedari, dilanjutkan ke Pasar Gede dengan BST dan setelah itu mereka diajak untuk mencoba transportasi Becak menuju Pusat Grosir Solo.

Orientasi Mahasiswa Asing UNS 2017 - Pasar Gede

Mahasiswa asing mencoba kuda lumping saat berkunjung ke Pasar Sriwedari

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa asing dapat mengenali dan belajar tentang kota dimana mereka akan tinggal dan menempuh pendidikan. Selain itu, para mahasiswa asing diharapkan lebih cepat beradaptasi dan mengenal kehidupan di Kota Solo dan secara langsung bisa menyaksikan keunikan budayanya.

Tahun ini ada 21 orang mahasiswa asing baru dari Jerman, Polandia, Mesir, Hungaria, Peru, Sudan, Vietnam, dan tujuh negara lainnya. Diantaranya mengikuti program darma siswa program satu tahun dan program kemitraan negara berkembang. humas-red.uns/Ang/Irf