UNS – Dalam rangka menyambut Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2017 yang diselenggakan pada bulan Oktober, Unit Kegiatan Mahasiswa Studi Ilmiah Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UKM SIM UNS) Surakarta menyelenggarakan workshop Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) di Gedung 3 FIB UNS pada Sabtu (9/9/2017).

PIM sendiri merupakan event yang diprakarsai oleh Tim Pengembangan Mahasiswa (TPM) bekerjasama dengan Wakil Dekan III masing-masing fakultas di UNS, Belmawa UNS, Dan UKM  Keilmiahan yang ada di UNS.  Hasil karya mahasiswa dalam PIM ini digunakan sebagai tolak ukur keilmiahan mahasiswa UNS dalam mengikuti PKM, yakni sebagai langkah awal mahasiswa untuk melatih diri sebelum mengirimkan proposal nasional PKM kepada Kementrian Pendidikan Tinggi (Kemendikti).

Suasana workshop PIM UNS oleh Drs. Winarno, S. Pd, M. Pd selaku TPM UNS pada Sabtu, (9/9/2017)

Secara umum, teknis pelaksanaan PIM sama seperti PKM, terdiri dari 5 bidang keilmiahan: PKM-K, PKM-T, PKM-M, dan PKM-P yang meliputi Program Eksakta (PE) dan Program Sosial Humaniora (PSH). Untuk pedoman panduan sama seperti pedoman PKM tahun 2016 dan akan ditutup pada 15 September 2017.

Sebagai UKM Keilmiahan tingkat universitas yang mewakili Scientific Forum UNS, SIM turut berpartisipasi dalam menyiapkan mahasiswa menyukseskan PKM 2017 dengan menyelenggarakan Workshop PIM dan sosialisasi PIM ke semua fakultas yang ada di UNS.

Adapun workshop ditujukan untuk menyosialisasikan hal-hal terkait PIM, mengenalkan PIM kepada mahasiswa serta tip & trik mengikuti PIM. Selain workshop, diadakan pula Posko PKM di PIM yang agendanya meliputi konsultasi PKM dengan mentor, konsultasi teknik penulisan, sharing, dan pencarian anggota di Perpustakaan lantai 2 UNS.

Sholikhun selaku Ketua SIM UNS menuturkan, “Sebagai UKM Keilmiahan, SIM ikut menyukseskan mahasiswa untuk mengikuti PKM, salah satunya melalui workshop ini yang menghadirkan TPM, alumni PIMNAS 30 yang di Makassar kamarin.” humas-red.uns.ac.id/Isn/Eln